ada baiknya jika mengetahui beberapa hal berikut, yang dapat juga dijadikan sebagai acuan untuk memilih deposito terbaik di Indonesia. 

3 Jurus Jitu Memilih Deposito Terbaik

Ada baiknya jika mengetahui beberapa hal berikut, yang dapat juga dijadikan sebagai acuan untuk memilih deposito terbaik di Indonesia.
Deposito merupakan produk penyimpanan uang di bank dengan jangka waktu tertentu dalam penyetoran dan pengambilannya. Berbeda dengan tabungan biasa, deposito tidak dapat diambil kapanpun. Waktu pengambilannya variatif mulai dari 1, 3, 6, 12, atau bisa juga 24 bulan dan seterusnya. Kelebihan utama dari deposito adalah tingkat suku bunga yang lebih besar dibandingkan produk tabungan biasa. Tentunya, sebelum memilih deposito terbaik di Indonesia, perlu untuk memperhatikan beberapa hal seperti, reputasi bank, suku bunga yang ditawarkan, setoran awal, fitur-fiturnya dan lain-lain.

1. Tentukan Jangka Waktu Deposito

Pada umumnya, jangka waktu deposito mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, dan 24 bulan dan seterusnya. Perlu dipahami bahwa, jika sudah memilih jangka waktu 6 bulan misalnya, maka setelah menyetorkan uang untuk deposito, maka uang tersebut akan terkunci dan tidak dapat dicairkan sebelum 6 bulan berlalu.
Oleh karena itu, penting untuk menentukan jangka waktu yang sesuai dengan kebutuhan. Biasanya, semakin lama jangka waktu deposito maka akan semakin besar bunga depositonya. Jadi, ada baiknya jika sebelum menentukan jangka waktu deposito sebaiknya sudah mempunyai tujuan keuangan yang SMART (Specific, Measurable, Attainable, Relevant, and Timely).

2. Pilih Jenis Deposito Berdasarkan Prinsip (Konvensional atau Syariah)

Beberapa masih bingung dalam menentukan jenis deposito, konvensional atau syariah. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui perbedaannya sebelum memutuskan untuk memilih jenis deposito.

Perbedaan deposito konvensional dan syariah adalah pada sistem. Keuntungan deposito syariah menggunakan mekanisme bagi hasil (nisbah) yang sudah ditentukan lebih dahulu di awal perjanjian. Berikut dua referensi deposito terbaik yang dapat dipertimbangkan:
#BNI Syariah Deposito iB Hasanah 
Mudahnya deposito ini adalah tidak mengharuskan nasabah memiliki rekening tabungan di Bank BNI, minimum setoran hanya Rp1 juta, tenor deposito maksimal 12 bulan, dan dapat memilih untuk diperpanjang otomatis menggunakan sistem ARO (Automatic Roll Over).
#Deposito BTN 
Membuka deposito di Bank BTN dengan minimum setoran Rp 1 juta. Tenor yang ditawarkan 1 sampai 24 bulan. Keuntungan lainnya adalah bunga deposito yang didapatkan dapat dipindahbukukan untuk membayar berbagai cicilan. Seperti, angsuran rumah, tagihan rekening listrik dan telepon.

3. Lakukan Perhitungan

Penting untuk melakukan simulasi perhitungan, tidak hanya keuntungannya namun juga perhitungan penalti deposito. Hal ini dapat menjadi patokan untuk menentukan berapa lama dan berapa banyak dana yang akan di depositokan. Jika mengalami kesulitan untuk menghitung keuntungan deposito, bisa datang langsung ke bank untuk dibantu melakukan simulasi perhitungan atau kini sudah banyak aplikasi finansial yang dapat digunakan untuk menghitung bunga deposito.
Deposito menjadi pilihan favorit masyarakat Indonesia untuk berinvestasi apalagi bagi para pemula, karena keamanan investasi dan jaminan keuntungannya. Kini, hampir semua bank menawarkan deposito terbaik di Indonesia. Beberapa bank bahkan ada yang menawarkan produk deposito dengan fitur bervariasi. Oleh karena itu, tiga jurus diatas semoga dapat membantu memilih sebelum memutuskan deposito terbaik.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *