kekurangan kartu debit

5 Kekurangan Kartu Debit yang Perlu Diketahui

Kelebihan dan kekurangan kartu debit menjadi salah satu alasan mengapa orang memilih kartu debit untuk transaksi keuangan. Kartu debit adalah cara yang mudah, nyaman, dan cepat untuk melakukan transaksi tanpa harus membawa banyak uang tunai.

Secara fisik, bentuk kartu debit hampir sama dengan kartu kredit. Namun, keduanya memiliki fungsi dan tujuan kegunaan yang berbeda. Ketika Anda menggunakan kartu debit, maka uang akan langsung diambil dari rekening Anda.

Kartu debit menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin berhemat. Dengan kartu debit, Anda tidak perlu memikirkan tagihan bulanan beserta bunganya. Meskipun kartu debit memiliki banyak kelebihan tetapi ada juga lho kekurangan kartu debit. Simak informasinya yuk!

Baca Juga:

Pilih Kartu Debit atau Kartu Kredit?

Berbagai Biaya yang Ada di Kartu Debit

Kelebihan Kartu Debit yang Bisa Anda Manfaatkan

Tidak Ada Pinjaman

Kartu debit ditautkan langsung ke rekening bank Anda. Karena itu, Anda hanya bisa melakukan transaksi sesuai dengan uang yang Anda miliki. Itu artinya, tidak ada kemungkinan untuk melakukan transaksi apapun secara kredit. Semua transaksi dan penarikan terbatas pada saldo yang tersedia di akun Anda. 

Tidak Meningkatkan Skor Kredit

Transaksi kartu debit bukanlah bentuk kredit. Ini berarti penggunaan kartu debit secara konsisten tidak akan meningkatkan nilai kredit Anda. Dengan membangun skor kredit Anda, Anda akan memiliki akses ke suku bunga yang lebih rendah saat meminjam dan meningkatkan batas kredit.

Adanya Biaya

Kekurangan kartu debit lainnya yakni adanya biaya jika bertransaksi di ATM bank lain. Jika Anda menggunakan kartu debit di luar jaringan ATM bank Anda, kemungkinan besar Anda akan membayar sedikit biaya untuk menarik uang di rekening Anda.

Jika Anda meminta untuk melihat saldo, transfer uang, atau melakukan penarikan tunai di ATM bank lain dan bukan sesama bank, kemungkinan ada biaya untuk setiap transaksi yang Anda lakukan. Biasanya biaya akan langsung terpotong dari rekening Anda.

Tidak Ada Poin Reward

Dengan mendapatkan dan memanfaatkan poin kartu kredit, Anda dapat menggunakan reward (hadiah) kartu kredit untuk bepergian dan berbelanja untuk pembelian lainnya. Namun, kartu debit biasanya tidak menawarkan jenis insentif ini.

Meski begitu, ada juga kartu debit yang menawarkan asuransi perjalanan dan manfaat serupa, tetapi jumlah yang Anda peroleh melalui program loyalitas ini biasanya jauh lebih sedikit daripada yang diberikan kartu kredit.

Limit Transfer Terbatas

Beberapa bank membatasi jumlah yang dapat Anda belanjakan dengan kartu debit dalam periode 24 jam. Karena itu, mungkin Anda akan kesulitan saat melakukan transaksi atau transfer dalam jumlah besar. Misalnya untuk melakukan pembelian barang yang sangat mahal, seperti mobil atau barang furniture.

Jika Anda ingin melakukan transaksi melebihi limit, mungkin Anda perlu mendatangi bank kartu debit Anda terlebih dahulu untuk menyelesaikan transaksi. Karena jika tidak, transaksi yang Anda lakukan akan gagal atau ditolak.

Memahami kelebihan dan kekurangan kartu debit adalah hal penting. Setidaknya Anda tahu kartu apa yang paling Anda butuhkan untuk transaksi keuangan Anda. 

Related Posts