Kamu harus tahu perbandingan logam mulia dengan emas perhiasan untuk menentukan bentuk investasi logam mulia mana yang lebih menguntungkan.

5 Perbandingan Logam Mulia dengan Emas Perhiasan

Berinvestasi logam mulia hingga saat ini masih menjadi pilihan yang baik untuk investasi jangka panjang. Hal ini karena harganya yang relatif stabil bahkan cenderung naik dari tahun ke tahun. Perbandingan logam mulia dengan lima tahun lalu, harga emas sekarang sudah mengalami kenaikan sekitar 40-50%. Sungguh angka yang menggiurkan ya? Beberapa orang menyimpan emas dalam bentuk batangan maupun perhiasan. Kamu harus tahu perbandingan logam mulia dengan emas perhiasan untuk menentukan bentuk investasi logam mulia mana yang lebih menguntungkan.

Sebelum melakukan investasi logam mulia berupa emas batangan atau perhiasan, ada baiknya mempertimbangkan lima perbandingan logam mulia dengan emas perhiasan berikut:

1. Jaminan Keaslian

Ketika membeli logam mulia berupa emas batangan, maka kamu akan menerima sertifikat keaslian yang memuat data tentang nomor identitas, kadar, ukuran, dan berat. Namun, jika membeli logam mulia berupa emas perhiasan, maka hanya akan menerima kwitansi pembayaran tanpa sertifikat keaslian.

Baca Juga:

Cara Beli Logam Mulia di logammulia.com

Kelebihan Logam Mulia Dibanding Emas Perhiasan

Cara Investasi Logam Mulia Antam

Apa Itu Tabungan Berjangka?

2. Kestabilan harga

Umumnya, logam mulia berupa emas batangan memiliki nilai yang relatif stabil dan cenderung meningkat dari waktu ke waktu. Hal ini dikarenakan karena emas batangan tidak akan berubah kadar dan berat meskipun disimpan lama. Berbeda dengan emas perhiasan. Masa pemakaian mengakibatkan nilai emas perhiasan mengalami penurunan baik kadar maupun penurunan nilai akibat kerusakan, sehingga akan mempengaruhi kestabilan harga.

3. Meningkatkan penampilan

Bila investasi logam mulia berupa emas batangan hanya dapat disimpan saja, maka emas perhiasan selain dapat dijadikan sebagai salah satu bentuk investasi, juga dapat meningkatkan penampilan terutama bagi para wanita. Menggunakan cincin, kalung, ataupun bentuk perhiasan emas lainnya akan memberi kesan mewah dan glamour saat kamu pakai. 

4. Mudah didapat

Banyaknya gerai dan toko perhiasan memberikan kemudahan bagi siapa saja yang ingin membeli emas perhiasan. Namun, hal ini juga menimbulkan resiko pemalsuan yang cukup tinggi. Oleh karena itu, alangkah baiknya membeli emas perhiasan di toko yang sudah terpercaya dan bersertifikat untuk menghindari resiko barang palsu dan penipuan.

Pembelian logam mulia murni hanya dapat dilakukan di tempat-tempat tertentu, seperti Pegadaian, Gedung Antam, Bank Syariah, dan Butik emas. Ada beberapa marketplace yang menjual logam mulia batangan. Namun, kamu harus tetap waspada jika bertransaksi lewat platform ini. Kenali dengan baik reputasi penjual, keterangan detail barang, serta sertifikat keaslian barang. Jangan tergoda dengan harga murah.

5. Nilai jual kembali

Logam mulia memiliki harga yang relatif stabil bahkan cenderung meningkat, maka emas perhiasan justru kebalikannya. Ketika akan menjual kembali emas perhiasan, maka biaya pembuatan tidak akan dihitung. Besarnya biaya ini adalah 1-7 % untuk produksi pabrikan, dan sebesar 15-20 % untuk pengrajin rumahan. Karena biaya pembuatan ini tidak dihitung ketika emas perhiasan dijual kembali, maka sudah dapat diperkirakan berapa besar penurunan harganya.

Sejauh ini, logam mulia masih menjadi salah satu bentuk investasi yang paling banyak dipilih. Kebijaksanaan dalam mempertimbangkan perbandingan logam mulia dengan emas perhiasan menjadi sebuah hal yang sangat penting. Oleh karena itu, kembali lagi kepada tujuan berinvestasi itu sendiri, sehingga akan mendapatkan manfaat yang lebih maksimal.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *