Produk yang ditawarkan oleh bank syariah pun bermacam-macam, beberapa diantaranya yaitu berasal dari penghimpunan dana, ada giro syariah, tabungan syariah dan deposito syariah. 

Alasan Membuka Deposito Bank Syariah

Menabung di Bank sudah dikenal masyarakat sejak dahulu, tujuannya agar bisa mengatur keuangan lebih terarah dan terencana. Mereka telah menilai bahwa menabung di Bank sebagai salah satu cara untuk menyimpan uangnya, dan dianggap sebagai investasi dana yang aman, dan caranya pun mudah. Sebelum kita mengenal tentang berapakah jumlah minimal pembukaan deposito di bank syariah, kita kenali dulu mengapa masyarakat memilih untuk menabung di bank. 
 
Dalam memilih jenis tabungan, jika memiliki sejumlah dana, tetapi belum akan digunakan, atau penggunaannya masih lama, maka sebaiknya tabungan yang digunakan adalah tabungan deposito bank syariah. Hal ini dilakukan, agar masyarakat terhindar dari penggunaan dana yang tidak jelas atau tidak terencana. Ada juga potongan biaya admin, jika dimasukkan dalam tabungan biasa. 
 
 

Masyarakat mengenal bahwa bunga bank konvensional, termasuk riba. Maka dari itu, muncul kegiatan perbankan yang mengarah kepada menjalankan transaksi menggunakan prinsip syariah. Sehingga, bank-bank konvensional di Indonesia pun mulai mengeluarkan produk-produk bank syariah. Dimana, prinsip dan tata cara operasionalnya disesuaikan dengan syariat Islam. 
 
Produk yang ditawarkan oleh bank syariah pun bermacam-macam, beberapa diantaranya yaitu berasal dari penghimpunan dana, ada giro syariah, tabungan syariah dan deposito syariah. 
 

Sebagaimana telah kita ketahui pengertian tabungan deposito, yaitu simpanan yang penarikannya atau pengambilan tabungan hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu, yaitu berdasarkan perjanjian sebelumnya antara nasabah dengan bank. Sedangkan jangka waktu yang digunakan bisa 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan. 
 
Jika sebelum waktu yang telah disepakati ternyata deposito sudah diambil atau dicairkan, maka nasabah akan dikenakan denda yang besar yang telah ditetapkan oleh pihak bank. Keunggulan yang ada dibanding dengan tabungan umum, bagi hasil yang diterima nasabah tabungan deposito, nilainya ternyata lebih besar. 
 
Deposito pada bank konvensional, bebas memilih jenis investasi apapun, asalkan memberikan keuntungan maka akan tetap dilakukan, asalkan sesuai dengan peraturan pemerintah. Sedangkan pada deposito syariah, bank akan memberikan jaminan halal terhadap berbagai kegiatan investasi yang dilakukannya terhadap dana nasabah. 
 

Pada bank konvensional, nasabah akan mendapatkan keuntungan dalam bentuk bunga bank, sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada bank. Pada bank syariah, nasabah akan mendapatkan keuntungan dalam bentuk bagi hasil terhadap investasi yang dilakukannya. 
 
Produk deposito pada bank syariah, menggunakan akad Mudharabah. Definisinya, ada ‘amil yang merupakan pelaku usaha yang dimodali, ada pemodal atau pemilik modal yang menyerahkan hartanya untuk diolah. Kemudian ada usaha yang dimodali keduanya. Jika saat sudah berjalan usahanya dan ada kerugian, maka kerugian modal akan ditanggung oleh pemilik modal. Pengelola hanya menanggung kerugian berupa tenaga dan jerih payahnya, yang sudah dilakukan. Lantas, berapakah jumlah minimal pembukaan saldonya? 
 
Dengan demikian, setelah mengetahui tentang jumlah minimal pembukaan deposito di bank syariah, masyarakat yang ingin menabung menggunakan deposito syariah, data dari tabel di atas bisa menjadi referensi sebagai pertimbangan lebih lanjut. 
 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *