Apa Kelebihan Logam Mulia Dibanding Emas Perhiasan? - Blog Tangan Gatel
Berikut perbandingan logam mulia dengan emas perhiasan, agar kamu dapat memahami dan tidak salah menafsirkan di antara keduanya. 

Apa Kelebihan Logam Mulia Dibanding Emas Perhiasan?

Mendegar logam mulia tentu bukanlah hal baru. Kini mulai banyak kalangan yang sadar akan pentingnya investasi, salah satu caranya dengan investasi logam mulia. Jika ada yang masih bingung dengan kelebihan logam mulia dibanding emas perhiasan, akan ada penjelasan lebih dalam, bahwasanya kedua barang tersebut sama namun beda. Dapat dikatakan sama, karena berbahan dasar emas, namun juga dikatakan berbeda karena banyak perbedaan diantara keduanya. Berikut perbandingan logam mulia dengan emas perhiasan, agar kamu dapat memahami dan tidak salah menafsirkan di antara keduanya.

1. Harga stabil

Harga logam mulia memiliki harga yang lebih stabil dan tidak perlu takut akan terjadi inflasi seperti halnya uang kertas. Jika dicermati lebih dalam harga logam mulia dari tahun ke tahun selalu mengalami kenaikan meskipun sedikit. Hal ini menunjukan bahwa investasi logam mulia lebih menjanjikan. Logam mulia tepat digunakan untuk investasi jangka panjang maupun jangka pendek. Hal inilah yang menjadikan kelebihan logam mulia dibanding emas perhiasan.

Baca Juga: 

Cara Beli Logam Mulia di logammulia.com

Perbandingan Logam Mulia dengan Emas Perhiasan

Cara Investasi Logam Mulia Antam

Apa Itu Tabungan Berjangka?

Harga emas perhiasan mengikuti harga emas pada saat itu, namun jangan terlalu banyak mengharap keuntungan jika berinvestasi menggunakan emas perhiasan. Karena saat membeli perhiasan emas, kamu tidak hanya dikenakan biaya kadar emasnya saja. Namun juga akan dikenakan biaya pembuatannya. Itu berarti kamu akan mengeluarkan biaya ekstra dalam hal ini.

Umumnya, besar biaya pembuatan perhiasan emas yang dikerjakan pabrik sekitar 1-7 persen dari total harga emas tersebut. Sedangkan biaya pembuatan perhiasan emas yang dikerjakan oleh pengrajin rumahan sekitar 15-20 persen dari total harga emas tersebut. Selain itu saat menjualnya tentu aka ada potongan khusus karena berbentuk perhiasan. Sedangkan logam mulia pada saat menjual tidak ada potongan sedikitpun. Baik logam mulia maupun emas perhiasan secara harga stabil, namun yang menjadikan berbeda adalah kadar emasnya dan potongan tersebut.

2. Tujuan dan waktu berinvestasi

Tentukan tujuan melakukan investasi emas dan berapa lama kamu akan berinvestasi. Jangan sampai kamu rugi di kemudian hari. Apakah akan disimpan saja seperti halnya logam mulia atau untuk menyempurna penampilan seperti pada emas perhiasan. Jika kamu ingin investasi dalam jangka waktu panjang, logam mulia merupakan pilihan yang tepat.

3. Keamanan investasi 

Saat membeli logam mulia kamu akan mendapatkan sertifikat keaslian yang berisi informasi penting seperti nomor identitas, berat, ukuran dan tingkat kadarnya. Tetapi investasi logam mulia tidak selamanya berjalan mulus, kendala yang ditemukan adalah logam mulia terbatas jumlahnya sehingga sulit untuk mendapatkannya. Banyak yang berminat dengan jenis investasi satu ini, sehingga banyak yang memburu. Secara keamanan logam mulia lebih aman, karena penyimpanannya akan disimpan di tempat khusus, sedangkan emas perhiasan dipakai untuk menambah penampilan sehingga meliliki resiko tersendiri saat digunakan.

Demikian ulasan seputar kelebihan logam mulia dibanding emas perhiasan. Penting menyisihkan harta untuk investasi masa depan dengan cara yang aman, salah satu caranya dengan investasi logam mulia yang dicara aman dari terjadinya inflasi harga. Investasi baik jangka panjang maupun jangka pendek tepat dengan membeli logam mulia di tempat gerai perhisan, tempat pegadaian, atau melalui tempat online terpercaya. Semoga bahasan tersebut bermanfaat.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *