cara investasi saham

Begini 5 Cara Mulai Investasi Saham Dengan Mudah

Gaes, hari gini sudah nggak jaman kaum milenial sibuk rebahan aja. Sudah saatnya untuk kita semua merencanakan jalan menuju financial freedom dengan mulai mengenal dan melek investasi. Salah satu intstrumen investasi yang mulai banyak diminati adalah investasi saham. Hal ini seiring dengan pasar modal di Indonesia yang juga semakin menggeliat. Apalagi investasi saham juga digadang-gadang sebagai instrument investasi yang mudah dengan keuntungan optimal loh. Kalian tertarik untuk berinvestasi saham? Yuk simak 5 cara mulai investasi saham berikut.

Baca Juga:

Pengertian Saham sebagai Tabungan Milenial

Keuntungan dan Kerugian Investasi Saham

Platform Investasi Terbaik

Jenis-jenis Saham

Pilihlah sekuritas yang tepat

Untuk memulai investasi saham, kamu harus memiliki rekening efek atau rekening dana nasabah terlebih dahulu.

Rekening ini dapat dibuka di perusahaan-perusahaan sekuritas. Sebaiknya kita tidak asal memilih broker atau sekuritas. Perusahaan sekuritas ini jumlahnya banyak dan masing-masingnya memiliki tarif transaksi yang berbeda-beda.

Biaya transaksi adalah biaya pembelian dan penjualan saham yang menjadi sumber penghasilan perusahaan sekuritas. Biaya transaksi yang kecil tentu akan sangat menguntungkan tapi tidak menutup kemungkinan perusahaan sekuritas yang menetapkan biaya transaksi yang lebih mahal memiliki pelayanan yang lebih memuaskan dan aplikasi yang lebih baik. Nah, setelah memilih perusahaan sekuritas yang tepat, segera siapkan dokumen untuk membuka rekening efek.

Aturlah pembelian dengan bijak

Sebaiknya, gunakan 10% dari total uang kas di rekening efek yang sudah dikurangi dengan dana darurat. Setiap bulannya, isi rekening efek sebanyak 10% dari penghasilan bulanan untuk membeli saham.

Pelajari indeks saham

Di dunia investasi saham, ada juga yang namanya indeks saham. Indeks adalah ukuran statistik perubahan gerak harga dari beberapa saham yang kemudian dipilih berdasarkan faktor-faktor tertentu.

Nah, kamu bisa mulai mencoba investasi saham yang ada di indeks karena saham-saham di indeks tersebut memiliki nilai likuiditas yang tinggi sehingga relatif aman.

Tidak panik saat merugi

Seperti bisnis lainnya, bermain saham juga ada kalanya untung dan rugi. Ketika kamu mengalami kerugian, tetap tenang ya. Karena  saham yang sudah kamu beli itu masih ada kemungkinan untuk naik kembali loh.

Jika memungkinkan, kamu beli saja langsung saat ada saham dengan harga rendah, Cara ini disebut juga dengan nama average down.



Dengan menggunakan cara ini, nilai investasimu tidak akan merosot tajam, malah akan mengikuti keadaan pasar. Saat pasar kembali pulih, kemungkinan besar kamu juga akan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda. Nah, selanjutnya simak cara mulai investasi saham yang terakhir berikut.

Berinvestasilah dalam jangka waktu yang panjang

Selalu alokasikan dana sesuai dengan anggaranmu setiap bulannya untuk membeli saham. Karena kamu tidak akan bisa menikamati hasil terbaiknya jika hanya main saham sesuka hati dan hanya sekali-kali saja. Bukan begitu caranya berinvestasi. Kamu tidak perlu memperdulikan harganya yang pasang surut, tapi pastikan kapitalnya besar. Hal utama dalam berinvestasi jangka panjang adalah bersabar.

Nah, itu tadi 5 cara memulai investasi saham yang bisa kamu coba untuk merintis jalan menuju financial freedom kamu. Yuk mulai belajar investasi saham.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *