biaya kartu debit

Berbagai Biaya Kartu Debit yang Harus Anda Ketahui

Saat Anda memiliki kartu debit, Anda juga harus siap menanggung berbagai biaya kartu debit. Sebenarnya tidak perlu khawatir karena biaya untuk menggunakan kartu debit tidak semahal bunga kartu kredit.

Biasanya cek saldo dapat dilakukan secara gratis tetapi untuk biaya lainnya dikenakan biaya. Biaya yang dibebankan tersebut pun berbeda-beda, tergantung dari kebijakan bank masing-masing.

Banyak orang lebih suka menggunakan kartu debit untuk pembelian sehari-hari karena lebih mudah. Ketika Anda berbelanja dengan kartu debit, saldo Anda akan langsung terpotong dari rekening Anda.

Baca juga: Pilih Kartu Debit atau Kartu Kredit?

Berapa Biaya Kartu Debit?

Menggunakan kartu debit tidak sepenuhnya gratis. Setidaknya ada beberapa biaya kartu debit yang perlu Anda keluarkan. Biaya-biaya ini mencakup biaya administrasi bulanan hingga biaya layanan lainnya. Untuk informasinya, simak sebagai berikut:

1. Biaya Transfer Antar Bank

Bank memberikan layanan gratis biaya transfer sesama bank tetapi tidak untuk lain bank. Itu artinya, Anda harus membayar biaya untuk setiap kali transfer antar bank. Umumnya biaya transfer beda bank dikenakan biaya sekitar Rp 6.500 hingga 7.500.

2. Biaya Administrasi Bulanan

Biaya Administrasi adalah biaya yang dibebankan kepada setiap pemegang rekening bank. Meskipun ada bank yang tidak memungut biaya bulanan tapi umumnya hampir semua bank mengenakan biaya administrasi bulanan. Jumlah biaya bulanan setiap bank berbeda-beda tetapi biasanya tidak mahal.

Biaya kartu debit setiap bulan bervariasi tergantung bank dan kartu yang anda gunakan. Perlu dicatat, bahwa biaya administrasi setiap bank tidaklah sama. Biasanya biaya tersebut juga disesuaikan berdasarkan jenis kartu yang Anda pilih.

3. Biaya ATM

Biaya ATM adalah salah satu biaya layanan paling umum untuk kartu debit. Biaya ATM dibebankan untuk kenyamanan mengakses uang Anda. Untuk menarik dana atau melakukan transaksi keuangan lainnya melalui ATM, Anda perlu menggunakan kartu debit Anda.

Jika Anda menggunakan ATM bank lain, Anda akan dikenakan biaya tertentu. Misalnya, jika Anda memiliki kartu debit dari bank A tetapi Anda melakukan transaksi di bank B, maka Anda akan dikenakan biaya dan biasanya biaya tersebut langsung terpotong dari rekening Anda.

4. Biaya Buku Tabungan

Jika buku tabungan Anda hilang, rusak, atau sudah penuh, Anda harus mengurusnya di bank. Biasanya ada bank yang membebaskan biaya alias gratis untuk penggantian buku tabungan baru. Tapi ada juga bank yang membebankan biaya penggantian buku tabungan baru.

Biaya yang dikenakan pun berbeda-beda di setiap bank. Biaya ganti buku tabungan sangat bervariasi, tergantung penyebab penggantian buku tabungan baik karena rusak atau hilang.. Untuk mengetahui nominal pastinya, Anda dapat mengunjungi bank kartu penerbit kartu debit Anda.

Itulah beberapa biaya kartu debit yang mungkin perlu Anda ketahui. Tidak ada salahnya untuk memiliki kartu debit, apalagi banyak manfaatnya untuk transaksi keuangan Anda. Biaya penggunaan kartu debit juga cukup terjangkau dan tidak terlalu membebankan nasabah

Related Posts