biaya kartu kredit

Ingin memiliki kartu kredit? Jika iya, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan, salah satunya adalah biaya kartu kredit. Meskipun kartu kredit memberikan banyak keuntungan tetapi seringkali disertai dengan biaya tertentu.

Saat Anda mengajukan permohonan kartu kredit, Anda perlu memenuhi syarat dan ketentuan agar disetujui. Jika Anda disetujui, Anda akan menerima surat perjanjian pemegang kartu kredit yang harus Anda pahami.

Biasanya dokumen tersebut menguraikan semua biaya yang mungkin dikenakan dengan menggunakan kartu kredit Anda. Karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui berbagai biaya yang mungkin Anda keluarkan saat menggunakan kartu kredit.

Nah, dibawah ini adalah beberapa biaya kartu kredit yang paling umum dan perlu Anda ketahui:

Baca Juga

Syarat Pengajuan Kartu Kredit Secara Umum

1. Iuran Tahunan

Iuran tahunan adalah salah satu biaya kartu kredit yang harus Anda tanggung. Banyak kartu kredit mengenakan biaya setiap tahun hanya untuk memiliki kartu tersebut. Biaya iuran tahunan berbeda-beda pada setiap bank, biasanya tergantung dari jenis kartu kredit apa yang Anda ambil.

2. Beban Bunga

Saat Anda menggunakan kartu kredit entah untuk pembelian atau penarikan tunai, Anda akan dikenakan biaya bunga. Pada 1 Mei 2020, Bank Indonesia menurunkan batas maksimum suku bunga kartu kredit dari 2,25% menjadi 2% per bulan.

3. Denda Keterlambatan

Jika Anda terlambat membayar tagihan kartu kredit setelah tanggal jatuh tempo, Anda akan dikenakan denda. Di awal tahun ini, Bank Indonesia melakukan perpanjangan pengurangan denda transaksi kartu kredit sampai 30 Juni 2021. Denda keterlambatan turun dari 3% menjadi 1%.

4. Biaya Penarikan Tunai  

Biaya penarikan tunai dibebankan ketika Anda menggunakan kartu kredit Anda untuk menarik uang secara tunai. Biaya admin tarik tunai bank berbeda-beda pada setiap bank tetapi biasanya antara sekitar 3-6% dari jumlah penarikan. 

5. Biaya Materai

Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia No.10 Tahun 2020 tentang Bea Meterai, kini setiap tagihan kartu kredit diatas Rp 5 juta akan dikenai biaya bea materai sebesar Rp 10.000.

Sedangkan pembayaran kartu kredit di bawah Rp 5 juta tidak dikenakan bea materai. Ketentuan baru pembebanan bea meterai masih sama dengan sebelumnya yakni akan ditagihkan atau muncul pada tagihan bulan selanjutnya.

6. Biaya Transaksi Over Limit

Biaya ini ditagih ketika Anda menggunakan kartu kredit melebihi saldo maksimum, atau batas pada kartu kredit Anda. Jika Anda melakukan transaksi melebihi batas tersebut, kartu kredit Anda akan ditolak dan transaksi tidak akan diproses.

Jika bank tidak menghentikan Anda untuk melakukan transaksi melampaui batas kredit Anda, bank mungkin mengenakan biaya kelebihan pemakaian kartu kredit. Biaya ini adalah penalti jika Anda menggunakan kartu kredit melebihi saldo maksimum yang diperbolehkan pada kartu Anda.

Itulah informasi seputar biaya kartu kredit. Namun, masih ada beberapa biaya lainnya yang perlu Anda ketahui. Oleh sebab itu, mungkin Anda bisa mencari informasi selengkapnya terutama jika Anda berencana memiliki kartu kredit untuk investment or saving money nantinya.

Related Posts