jurusan teknik industri

Cara Bijak Menggunakan Kartu Debit Biar Nggak Cepat Habis

Setelah Anda mengetahui cara bijak menggunakan kartu debit, Anda akan lebih berhati-hati untuk tidak sembarangan memakai kartu debit. Saat kartu debit Anda gunakan untuk transaksi, saat itulah uang Anda terpotong. Semakin sering Anda berbelanja, semakin banyak pula uang Anda yang berkurang.

Jika Anda tidak menggunakannya dengan bijak, Anda akan kewalahan sendiri saat dihadapkan dengan hal-hal yang tidak terduga. Misalnya, ada kebutuhan mendadak yang membutuhkan uang tetapi uang Anda di kartu debit tidak cukup.

Memanfaatkan kartu debit dengan cara yang tepat dapat menghindarkan Anda dari kemungkinan yang akan terjadi. Setidaknya uang di rekening Anda masih cukup untuk memenuhi kebutuhan tidak terduga yang bisa terjadi kapan saja. Berikut ini cara bijak menggunakan kartu debit:

Baca Juga: Mengenal Kartu Debit VISA

1. Jangan Menghabiskan Banyak Uang dengan Kartu Debit

Kartu debit bisa menjadi alat yang berguna untuk mengelola keuangan Anda. Tetapi untuk membangun kebiasaan uang yang baik dengan kartu debit, Anda harus menggunakannya dengan bijak.

Memiliki pola pikir yang benar dan memahami mengapa Anda berbelanja dengan debit, bukan uang tunai atau kredit, sangat membantu untuk menjaga pengeluaran Anda tetap terkendali.

Ingatlah bahwa ketika Anda menghabiskan lebih sedikit uang dengan kartu debit, Anda mungkin memiliki sisa uang dalam anggaran untuk menabung dan mengejar tujuan keuangan Anda.

2. Otomatiskan Tabungan yang Anda Miliki

Kunci untuk menabung adalah berpegang teguh kepadanya dan menghindari alasan untuk tidak menabung. Itulah mengapa mengotomatiskan keuangan Anda adalah salah satu cara terbaik untuk menghemat uang dengan rekening giro Anda.

Dengan otomatisasi, Anda tidak perlu ingat untuk memindahkan uang ke tabungan, Anda juga tidak akan tergoda oleh dana tak tersentuh yang tersimpan di rekening giro Anda. Ini dapat mempermudah penjadwalan transfer jika Anda memiliki ruang ekstra dalam anggaran untuk penghematan.

3. Pantau Pengeluaran Anda

Memantau pengeluaran menjadi salah satu cara bijak menggunakan kartu debit yang bisa Anda terapkan. Anda dapat membatasi anggaran Anda, jika Anda ingin menghabiskan lebih sedikit uang dengan kartu debit.

Jika Anda berbelanja dengan debit, cobalah untuk selalu memeriksa saldo akun dan riwayat transaksi Anda dengan masuk ke perbankan online atau seluler. Selain itu, Anda juga bisa mencoba aplikasi keuangan untuk membangun kebiasaan uang yang baik dengan kartu debit.

4. Hindari Membeli Barang yang Tidak Penting

Cara bijak menggunakan kartu debit adalah menghindari membeli barang yang tidak penting atau sama sekali tidak Anda butuhkan. Untuk membangun kebiasaan uang yang baik dengan kartu debit, hindari melakukan pembelian impulsif.

Coba terapkan aturan debit 48 jam untuk memikirkan terlebih dahulu sebelum benar-benar yakin untuk membeli. Buatlah jadwal hari tanpa pembelanjaan di kalender Anda atau cukup tinggalkan kartu debit Anda di rumah jika Anda tahu Anda tidak akan membutuhkannya.

Sudah tahu kan cara bijak menggunakan kartu debit? Nah, beberapa cara di atasĀ  juga sangat tepat untuk menghemat uang Anda.

Related Posts