cara bijak menggunakan kartu kredit

Artikel dalam Blog Tangangatel kali ini akan memberikan tips seputar cara bijak menggunakan kartu kredit. Seperti apa caranya yang bisa Anda terapkan? Simak penjelasan selengkapnya di artikel berikut ini. Baca sampai selesai supaya tidak gagal paham ya.

Mengetahui cara bijak menggunakan kartu kredit sangatlah penting. Memiliki kartu kredit memberikan banyak keuntungan jika Anda tahu cara menggunakannya dengan baik. Begitu pula sebaliknya, memakai kartu kredit dengan buruk dapat menyebabkan Anda terjerumus hutang.

Saat Anda memiliki kartu kredit, Anda bisa membeli apa saja yang Anda mau. Namun, Anda harus ingat bahwa itu hanya pinjaman bank. Jadi, Anda harus mengembalikannya lagi ditambah dengan bunga yang disepakati. Selain bunga, kartu kredit juga membebankan beberapa biaya lainnya. Kamu bisa baca informasi terkait biaya kartu kredit yang dibebankan kepada pemiliknya di website ini juga lho.

Oleh sebab itu, penting untuk berhati-hati dalam menggunakan kartu kredit. Jika Anda tidak memperhatikan itu, bisa-bisa Anda terjerumus ke hutang yang menumpuk. Nah, berikut ini adalah cara bijak menggunakan kartu kredit yang perlu Anda ketahui:

Baca Juga Artikel Lainnya

Pengertian dan Jenis Kartu Kredit

Ragam Tips Menabung yang Bisa Kamu Coba

1. Menggunakan Kartu Kredit untuk Membangun Skor Kredit

Jika Anda baru menggunakan kredit atau ingin memperbaiki riwayat kredit yang kurang bagus, mendapatkan kartu kredit mungkin merupakan langkah pertama yang baik untuk Anda.

Riwayat pembayaran kartu kredit Anda biasanya dilaporkan ke biro kredit. Melakukan pembayaran tepat waktu dapat membantu Anda menetapkan pola peminjaman yang bertanggung jawab. Selain itu, membayar tagihan tepat waktu juga dapat meningkatkan skor kredit Anda.

Jangan coba-coba dengan sengaja tidak membayar tagihan atau bayar melewati jatuh tempo. Jika hal tersebut konsisten Anda lakukan, maka usaha memperbaiki riwayat kredit akan sia-sia.

2. Hindari Menggunakan Kartu Kredit untuk Memenuhi Gaya Hidup

Cara bijak menggunakan kartu kredit adalah untuk membantu kebutuhan hidup, bukan gaya hidup. Jika Anda tidak punya dana darurat, Anda bisa memanfaatkan kartu kredit untuk membantu Anda dalam keperluan mendesak. Ingat, keperluan yang mendesak. Pasalnya, banyak orang kini menggunakan kartu kredit hanya sekadar untuk mendapatkan promo barang atau jasa yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Hindari menggunakan kartu kredit untuk memenuhi gaya hidup seperti membeli pakaian mewah, barang-barang branded, kendaraan mahal dan sebagainya. Lebih baik hidup sederhana tapi tanpa hutang, daripada hidup mewah tapi banyak hutang.

3. Kelola Keuangan dengan Melacak Pengeluaran Kartu Kredit

Kartu kredit bisa menjadi alat arus kas untuk membantu Anda mengelola pengeluaran bulanan. Dengan sebagian besar pengeluaran Anda pada satu kartu, Anda dapat dengan mudah melihat total pengeluaran Anda hingga saat ini dengan melihat rekening Anda secara online.

Biasanya bank atau penerbit kartu kredit non bank secara otomatis mengkategorikan pengeluaran Anda untuk Anda, sehingga Anda dapat melihat kategori pengeluaran Anda dalam satu bulan. Kategori membantu Anda mengidentifikasi tujuan uang Anda, seperti makanan, bensin, atau pakaian. Dengan begitu, Anda akan konsisten dengan cashflow yang sudah ada buat sedemikian rupa.

4. Bayar Tagihan Kartu Kredit Tepat Waktu

Sebaiknya lakukan pembayaran kartu kredit Anda tepat waktu. Jangan sampai terlambat membayar tagihan kartu kredit, karena itu dapat mempengaruhi skor kredit Anda. Selain beresiko menurunkan skor kredit, terlambat membayar tagihan kartu kredit juga dapat dikenakan denda keterlambatan.

Melunasi tagihan Anda secara penuh dan tepat waktu dapat membantu Anda menghindari biaya bunga yang tinggi. Jika Anda tidak dapat membayar seluruh tagihan Anda, bayar sebanyak yang Anda bisa dan pastikan untuk melakukan pembayaran minimum tepat waktu. Jangan sampai telat, karena akan ada denda atau bunga keterlambatan pembayaran. So, intinya Anda harus disiplin dalam pembayarannya.

Beberapa cara menggunakan kartu kredit dengan bijak tersebut mungkin bisa bermanfaat bagi Anda, terutama jika Anda sudah terlanjur ketagihan menggunakan kartu kredit. Jika perlu, hindari pemakaian kartu kredit berlebihan atau bahkan melebihi batas kredit Anda.

Demikian informasi di Blog Tangangatel kali ini. Jika info ini bermanfaat jangan lupa bagikan kepada teman atau kerabat kamu di sosial media ya.

Referensi

investmoneysaving.com

Related Posts