cara menabung di rumah

Cara Menabung di Rumah dengan Aman dan Mudah

Ada alasan tertentu mengapa orang lebih memilih cara menabung di rumah dibanding bank. Selain menghindari biaya administrasi, sebagian orang menabung di rumah karena lebih mudah. Ya, mereka bisa leluasa mengambil uang mereka kapan saja tanpa harus pergi ke ATM atau bank untuk menarik uang.

Meski begitu, menabung di rumah memiliki tingkat keamanan yang rendah. Resiko kehilangan jauh lebih besar entah karena dicuri atau hal lainnya. Karena itu, penting untuk mengetahui cara menabung di rumah dengan aman.

Selain itu, menabung di rumah juga memiliki konsekuensi keamanan yang belum tentu terjamin baik dari orang atau pu rayap. Beberapa kasus muncul di televisi bahwa ada orang yang menyimpan uangnya di bawah bantal, uang tersebut malah dimakan rayap.

Baca Artikel Lainnya

Bagaimana Cara Menabung di Rumah Secara Aman?

1. Komitmen untuk Menabung

Menabung adalah komponen paling mendasar dari manajemen kekayaan. Kekayaan adalah apa yang Anda hemat, bukan apa yang Anda belanjakan. Ketahui pentingnya menabung untuk membantu Anda baik dalam keadaan darurat maupun untuk mempersiapkan masa depan.

Berhenti menghambur-hamburkan uang Anda untuk pemborosan. Sudah saatnya Anda berkomitmen untuk menabung. Caranya, dengan mengurangi pengeluaran dan fokus untuk menabung.

2. Simpan di Tempat Tersembunyi

Cara menabung di rumah dengan aman adalah menyimpan tabungan Anda di tempat tersembunyi. Simpan tabungan Anda di tempat yang tidak diketahui orang lain, sehingga Anda merasa lebih aman menyimpannya disana.

Usahakan hanya Anda yang tahu dimana Anda menyimpan tabungan Anda. Dengan begitu, resiko kehilangan semakin kecil. Anda dapat menabung dengan aman dan nyaman tanpa khawatir tabungan Anda akan dicuri orang.

3. Tabung di Wadah yang Aman

Resiko menabung di rumah bukan hanya tabungan hilang karena dicuri tetapi bisa juga hilang karena hal lainnya. Beberapa waktu lalu, ada warga yang membagikan kisahnya di sosial media. Dalam video yang beredar tampak uang pecahan Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu rusak akibat dimakan rayap.

Belajar dari kisahnya, Anda harus menemukan wadah yang aman untuk menyimpan uang  jika memang Anda ingin menabung di rumah. Misalnya, Anda bisa menabung di brankas atau kotak besi, yang lebih aman dibanding kayu. Selain itu, untuk membuka brankas juga diperlukan password tertentu.

Dengan menyimpan uang di brankas, tidak Anda yang bisa mencuri uang Anda karena hanya Anda yang tahu bagaimana cara membukanya. Anda dapat meletakkan brankas di ruang tertentu alias bukan ruang umum. Mungkin Anda dapat menyimpannya di lemari atau kamar tidur utama.

4. Pindahkan ke Bank

Jika Anda merasa uang yang Anda tabung di rumah sudah cukup banyak, sebaiknya pindahkan ke bank. Dengan memindahkan uang Anda ke bank tentu akan jauh lebih aman dibanding menyimpannya di rumah. Selain itu, Anda juga dapat memilih produk tabungan sesuai keinginan Anda.

Cara menabung di rumah berbeda-beda pada setiap orang. Meski begitu, yang terpenting tetaplah memprioritaskan menabung dan menjaga keamanan tabungan. Dan beberapa tips diatas mungkin bisa sedikit membantu Anda.

Terima kasih sudah mau membaca artikel di atas. Harapan kami, Anda bisa menerapkan tips tersebut secara baik. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman dan kerabat Anda. Sampai jumpa di artikel lainnya.

Reference

https://investmoneysaving.com

Related Posts