menaikkan limit kartu kredit

Banyak orang bertanya-tanya bagaimana cara menaikkan limit kartu kredit? Ada kalanya Anda masih membutuhkan pinjaman uang tetapi kartu kredit Anda sudah mencapai jumlah maksimum yang dapat Anda dibelanjakan. Memang setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Fenomena penggunaan kartu kredit seperti saat ini pun juga beragam kondisi dan tujuannya. Sehingga tidak sedikit pula orang yang mengajukan kartu kredit baru atau bahkan menaikan limitnya. 

Saat Anda mengajukan permohonan kartu kredit, Anda biasanya tidak akan tahu berapa batas kreditnya, meskipun Anda mungkin diberi tahu maksimum untuk pelanggan baru. Mungkin Anda hanya akan diberitahu tentang batas kredit Anda yang sebenarnya ketika Anda menerima kartu baru Anda. Jadi, jangan langsung berharap kalau limit kartu kredit yang Anda gunakan itu langsung berada di angka yang cukup tinggi. Ingat, bank juga melihat kemampuan Anda melalui track record di rekening yang Anda punya lho.

Jika Anda tidak puas dengan batas kredit Anda, Anda dapat mencoba beberapa cara menaikkan limit kartu kredit berikut ini. Eits tapi perlu diingat sekali lagi ya, gunakan kartu kredit atas dasar kebutuhan bukan keinginan ya.

Baca Juga Artikel Lainnya

1. Tunggu Beberapa Bulan Dulu

Jika Anda adalah pemegang kartu kredit baru, ada baiknya menunggu beberapa bulan dulu untuk menaikkan limit kartu kredit. Biarkan bank dapat melihat dan menilai bahwa Anda adalah nasabah yang bertanggung jawab. Pastikan Anda selalu membayar tagihan kartu kredit tepat waktu.

Seumpama Anda menggunakan kartu kredit melebihi batas yang ada pada kartu Anda atau terlambat pembayaran apapun, kemungkinan besar bank tidak akan setuju untuk meningkatkan limit kartu kredit Anda. Selain itu, terlambat membayar tagihan kartu kredit juga dapat menurunkan skor kredit Anda. 

2. Perhatikan Tingkat Skor Kredit

Jika Anda ingin bank meningkatkan jumlah limit yang dapat Anda pinjam, Anda harus memiliki skor kredit yang bagus. Jika Anda dinilai tidak mampu membayar tagihan kartu kredit, Bank tidak akan memberi Anda jumlah batas kredit yang lebih tinggi.

Bank biasanya memutuskan apakah Anda nasabah yang cocok atau tidak dengan melihat file referensi kredit Anda, serta melakukan pemeriksaan lainnya. Bank juga mempertimbangkan seberapa baik Anda dapat mengelola komitmen kredit yang ada. Jadi, buat Anda yang pernah mengajukan kredit tapi punya daftar kelam entah menunggak pembayaran atau kabur dari pembayaran yang ditagihkan, sepertinya agak sulit untuk memperbaiki skor kredit Anda.

3. Kenaikan Limit Kredit Otomatis

Ada beberapa bank yang menaikkan limit kartu kredit secara otomatis saat Anda menggunakan kartu kredit dengan tepat. Misalnya, Anda tidak pernah telat membayar tagihan kartu kredit setiap bulan dan Anda selalu melakukan pembayaran tepat waktu setiap bulan.

Bank penerbit kartu kredit biasanya meninjau rekening Anda secara berkala. Kemudian bank akan secara otomatis menaikkan batas kredit untuk pemegang kartu yang memenuhi kriteria mereka. Nah, berarti dengan demikian, menaikan limit kartu kredit juga harus memperhatikan cashflow dalam rekening yang Anda gunakan ya.

4. Meminta Peningkatan Secara Langsung

Beberapa bank mungkin dapat meningkatkan batas kredit Anda secara otomatis, tetapi ada juga yang hanya akan menaikkan limit kartu kredit jika Anda memintanya. Anda dapat meminta kenaikan batas kredit dengan langsung menghubungi pihak bank. Caranya, Anda dapat menghubungi call center bank penerbit kartu kredit.

Sebelum mengajukan permohonan kenaikan limit kartu kredit, pastikan Anda mempertimbangkannya terlebih dahulu. Pikirkan baik-baik mengapa Anda ingin meningkatkan jumlah yang dapat Anda pinjam. Kebanyakan saat ini, orang yang meminta kenaikan limit kartu kredit dikarenakan untuk memenuhi gaya hidup, bukan berangkat berdasarkan kebutuhan.

Jika Anda sudah berhasil dalam cara menaikkan limit kartu kredit, pastikan untuk berhati-hati menggunakannya. Hindari godaan menggunakan kartu kredit untuk hal-hal yang tidak Anda butuhkan. Jangan sampai limit yang bertambah malah membuat hutang Anda juga semakin bertambah.

Demikian informasi terkait menaikan limit kartu kredit yang bisa Anda coba. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat kalian jika artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel lain dengan pembahasan yang lebih menarik.

Referensi:

investmoneysaving.com

Related Posts