bahaya penggunaan kartu kredit

4 Bahaya Penggunaan Kartu Kredit dan Cara Menghindarinya

Hobi belanja pakai kartu kredit? Pernahkah Anda berpikir apakah ada bahaya penggunaan kartu kredit secara berlebihan? Menggunakan kartu kredit dengan bijak memang sangat membantu. Namun, jika digunakan hanya untuk pemborosan mungkin akan menimbulkan masalah keuangan Anda di kemudian hari.

Bagi pengguna kartu kredit baru, kartu kredit bisa saja berbahaya karena menyebabkan keinginan untuk menggunakan kartu kredit. Bahkan beberapa pengguna kartu kredit lama masih terjerumus dalam jebakan kartu kredit.

Masih suka boros? Kamu harus belajar untuk mengetahui bahaya penggunaan kartu kredit secara berlebihan dan cara menghindarinya:

Sebuah studi menunjukkan orang lebih banyak menghabiskan uang ketika mereka membayar menggunakan kartu kredit, bukan uang tunai. Bahkan dalam sebuah penelitian, partisipan rela membelanjakan uang hingga dua kali lebih banyak bila menggunakan kartu kredit daripada uang tunai.

Baca Juga:

5 Manfaat Punya Kartu Kredit

Pengertian dan Jenis Kartu Kredit

1. Godaan untuk Menghabiskan Banyak Uang

Untuk menghindarinya, pastikan Anda menetapkan batas pengeluaran pribadi Anda dengan kartu kredit. Gunakan kartu kredit sesuai dengan kemampuan Anda dalam membayar kartu kredit setiap bulan. Hindari mengeluarkan uang untuk barang yang tidak Anda butuhkan atau menjalani gaya hidup yang membuat Anda boros.

2. Risiko Merusak Skor Kredit Anda

Telat membayar tagihan dapat merusak skor kredit Anda. Jika saldo kartu kredit tidak terbayar, skor kredit Anda akan berkurang. Skor kredit sangat penting, terutama jika Anda ingin mengajukan pinjaman. Bahaya penggunaan kartu kredit ini harus Anda perhatikan dengan baik.

Cara menghindari skor skor kredit yang buruk adalah dengan membayar kartu kredit Anda tepat waktu. Selain itu, Anda juga dapat menjaga saldo Anda di bawah 30% dari batas kredit Anda. Banyak orang yang meremehkan hal ini. Dengan sengaja telat membayar tagihan kartu kredit atau membayar dengan angka minimum bisa menyebabkan skor kredit yang anda miliki tidak baik di mata bank.

3. Risiko Menjadi Hutang

Menggunakan kartu kredit sama saja seperti Anda meminjam hutang. Dan itu menyebabkan Anda berhutang kepada bank. Semakin sering Anda meminjam uang, tanpa membayar kembali, semakin besar juga hutang yang Anda tanggung.

Bagaimana cara menghindari hutang kartu kredit yang menumpuk? Hal terpenting yang perlu Anda lakukan adalah berhenti menggunakan kartu kredit Anda secara berlebihan. Gunakan kartu kredit Anda sewajarnya atau hanya untuk keperluan yang penting-penting saja.

4. Tidak Mencapai Kedamaian Pikiran

Hidup tanpa hutang sangatlah nyaman karena Anda tidak perlu khawatir tentang biaya keterlambatan, bunga, biaya tahunan, atau biaya yang melebihi batas. Hutang kartu kredit yang cukup besar mungkin dapat membuat pikiran Anda tidak tenang.

Setelah Anda tahu berapa banyak hutang kartu kredit Anda, Anda dapat membuat rencana untuk melunasi hutang. Membuat rencana untuk menghapus hutang Anda akan membantu meringankan beban mental dan emosional, sekaligus memberi Anda harapan dan motivasi yang Anda butuhkan untuk bebas secara finansial.

Memahami bahaya penggunaan kartu kredit dapat membantu Anda menggunakan kartu kredit dengan bijak. Dengan menghindari hutang kartu kredit, Anda dapat lebih hemat dan memiliki kesempatan untuk mencapai tujuan finansial Anda yang lainnya.

5. Menjadi Kebiasaan Menikmati Fasilitas dengan Berhutang

Memang tidak dipungkiri bahwa dengan menggunakan kartu kredit, ada beragam fasilitas yang seolah-olah ditawarkan oleh bank. Namun dibalik itu, anda perlu khawatir pada diri anda jika sudah merasakan atau terlena dengan fasilitas yang diberikan oleh kartu kredit. Semakin anda sering menikmati fasilitas tersebut, tanpa sadar, anda akan dibuat ketergantungan dengan kartu kredit.

Demikian informasi seputar bahaya dari kartu kredit yang bisa dijelaskan dalam artikel ini. Tidak salah memang menggunakan kartu kredit, tapi alangkah baiknya jika anda membiasakan diri untuk menabung sebisa mungkin. Karena ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu ambil dari kegiatan menabung tersebut.

Oke, jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman dan kerabat anda ya agar lebih bijak sebelum memutuskan menggunakan kartu kredit. Sampai jumpa di artikel tangangatel.com lainnya.

Referensi tulisan

Investmoneysaving.com

Related Posts