Nah, itulah perbedaan logam mulia antam dan UBS. Dengan mengetahui perbedaannya, lebih bisa menentukan mana jenis logam mulia yang cocok untuk berinvestas

Cari Tahu Apa Perbedaan Logam Mulia Antam dan UBS Yuk!

Menyimpan Emas batangan dianggap salah satu cara investasi yang menguntungkan. Hal ini disebabkan harga emas selalu melonjak naik setiap tahunnya. Jika anda berminat untuk menyimpan emas batangan sebagai investasi sebaiknya cari tahu apa perbedaan logam mulia antam dan UBS. Keduanya merupakan merek yang secara umum disediakan di pasar logam mulia Indonesia. Logam mulia antam diproduksi oleh PT. Aneka Tambang Tbk sejak tahun 1973. Sedangkan emas UBS diporduksi oleh PT Untung Bersama Sejahtera atau PT UBS di Surabaya sejak tahun 1981, perusahaan milik swasta.

Bentuk Fisik

Selain perbedaan produksi, ternyata perbedaan logam mulia antam dan UBS ada pada perbedaan dari bentuk fisiknya. Emas antam memiliki bentuk yang lebih kecil dibandingkan dengan emas UBS untuk emas dengan berat yang sama. Selain itu, kedua jenis emas ini dijual dalam satuan gram yang berbeda. Antam memiliki pilihan berat mulai dari 1, 2, 5, 10,25, 50, 100, 250, hingga 1000gr.

Baca Juga:

Platform Jual Beli Logam Mulia Terbaik

Mengenal Jenis-jenis Logam Mulia

Cara Jual Logam Mulia

Jangka Waktu Investasi Logam Mulia

Sementara emas yang diproduksi UBS relatif sedikit pilihan ukuran yang tersedia. yaitu hanya menerbitkan emas batangan untuk ukuran 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram. Meskipun, ukuran emas batangan Antam relatif lebih kecil dan tebal jika dibandingkan dengan keluaran UBS yang memiliki dimensi lebih lebar, keduanya sama-sama memiliki kadar emas sebanyak 99,99 persen.

Sertifikat Emas Batangan

Logam mulia antam dan UBS memiliki sertifikat yang berbeda. Emas Antam mendapat bersertifikat LBMA (London Bullion Market Association). Ini menyebabkan produksi antam lebih mudah dijual di pasar di negara manapun. Emas Antam rilis terbaru memiliki sertifikat menyatu langsung dengan kemasannya atau terlaminating. Emas Antam keluaran lama memiliki sertifikat masih berupa kertas berhologram terpisah.

Sedangkan sertifikat emas UBS dikeluarkan oleh PT UBS sendiri dan diakui secara nasional. Sertifikat tersebut berbentuk SIM terbuat dari kertas emas  yang dilaminating untuk pecahan emas ukuran 0,1- 4 gram. Sertifikat UBS berbentuk kertas hologram terpisah dengan batangan emasnya dan bisa dikeluarkan dari kemasan plastik sehingga bisa dipegang secara langsung untuk sertifikat pecahan emas di atas 5 gram.

Ketersediaan Emas Batangan

Emas Antam ada di Unit Bisnis Antam yang berada di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur. Selain itu, PT Antam juga membuka gerai emas di setiap kota. Sebaliknya,  emas UBS tidak memiliki pusat penjualan khusus. Namun, jangan khawatir  kedua jenis emas batangan itu bisa ditemukan dengan mudah di toko-toko emas, pegadaian, maupun marketplace hanya untuk ukuran tertentu.

Harga emas batangan Antam maupun UBS bisa dilihat langsung pada website resmi penjualan kedua perusahaan, biasanya naik turun sesuai harga pasar. Namun, harga emas Antam relatif lebih tinggi dibandingkan emas UBS. Hal ini disebkan karena harga produksi UBS lebih murah dibandingan emas Antam.

Nah, itulah perbedaan logam mulia antam dan UBS. Dengan mengetahui perbedaannya, lebih bisa menentukan mana jenis logam mulia yang cocok untuk berinvestasi. Pastikan membeli logam mulia antam atau UBS ditempat resmi kedua perusahaan tersebut, agar terhindar dari penipuan atau mendapatkan jenis emas palsu.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *