Bagi kamu yang baru saja terjun dalam investasi saham, sebaiknya ketahui istilah-istilah dalam saham yang penting agar tidak keliru. 

Istilah-istilah dalam Saham yang Wajib Kamu Ketahui

Bagi investor yang sudah malang-melintang dalam melakukan investasi saham, tentunya sudah tidak asing dengan beragam istilah yang ada. Namun bagaimana dengan para investor pemula? Bagi kamu yang baru saja terjun dalam investasi saham, sebaiknya ketahui istilah-istilah dalam saham yang penting agar tidak keliru. 

Beberapa istilah yang lazim digunakan adalah istilah resmi dalam perdagangan saham, namun ada pula istilah tidak resmi dan hanya merupakan istilah yang biasa digunakan oleh para investor. Banyak sekali istilah dalam investasi saham dan penting untuk diketahui. Berikut istilah-istilah dalam saham yang wajib kamu ketahui.

Baca juga:

Sekuritas Terbaik di Indonesia

Pengertian Logam Mulia

Keuntungan dan Kerugian Investasi Logam Mulia

Cara Mulai Investasi Logam Mulia Antiribet

1. IHSG

IHSG atau Index Harga Saham Gabungan merupakan istilah untuk menyebutkan harga rata-rata dari semua harga saham yang diperdagangkan dalam Bursa Efek Indonesia. 

2. Bursa Efek

Bursa efek merupakan tempat untuk memperdagangkan surat-surat berharga termasuk saham dari perusahaan-perusahaan umum. Di Indonesia hanya ada satu bursa efek yaitu Bursa Efek Indonesia (BEI). Bursa Efek Indonesia ini merupakan hasil merger dari Bursa Efek Surabaya dan Bursa Efek Jakarta. 

3. Broker

Broker dikenal juga dengan istilah perusahaan sekuritas, merupakan pihak yang menjembatani atau perantara bagi pasar modal dengan investor. Bagi kamu yang ingin melakukan transaksi pembelian saham, harus mencari perusahaan sekuritas yang akan membantu membeli saham dari pasar modal. Investor tidak bisa langsung membeli saham di pasar modal tanpa perantaraan broker atau perusahaan sekuritas. 

4. IPO

Initial Public Offering atau IPO merupakan penawaran saham di bursa efek yang pertama kali dilakukan oleh suatu perusahaan. Ada banyak persyaratan dan kriteria yang harus dipenuhi oleh sebuah perusahaan agar dapat melakukan penawaran di bursa efek. 

5. Index

Index saham merupakan indikator dari rata-rata harga saham yang termasuk dalam kelompok kategori atau index saham tertentu.

6. Saham Bluechip

Saham bluechip merupakan istilah tidak resmi yang biasa digunakan oleh para investor. Istilah ini untuk menyebut saham dari perusahaan besar yang sudah mapan dan harganya relatif stabil.

7. Saham Gorengan

Sama dengan saham bluechip, istilah saham gorengan juga merupakan istilah tidak resmi. Istilah saham gorengan biasa digunakan oleh para investor untuk menyebut saham-saham dengan kapitalisasi kecil yang biasa dipermainkan harganya oleh kelompok tertentu untuk suatu kepentingan. 

8. Emiten

Perusahaan-perusahaan yang menerbitkan surat-surat berharga untuk diperjual belikan di lantai bursa disebut dengan emiten. Contoh emiten yang terkenal adalah BRI, Telkom dan Unilever.

9. Kustodian

Kustodian merupakan tempat bagi investor untuk menitipkan dana, bunga, saldo ataupun deviden yang dimilikinya. Kustodian akan membantu investor yang menjadi nasabahnya agar dapat melakukan transaksi saham dengan lancar. 

10. Rekening Dana Nasabah

Rekening dana nasabah merupakan rekening yang dimiliki oleh investor saat mendaftar pada perusahaan sekuritas dan membuka rekening di sana. Rekening ini merupakan tempat untuk menyimpan saldo dana transaksi.

Selain 10 istilah tersebut, masih banyak sekali istilah-istilah dalam saham yang perlu diketahui oleh para investor pemula. Kamu dapat mempelajari aneka istilah dalam bisnis saham dari berbagai sumber. Saat ini juga banyak tersedia aneka pelatihan yang mengajarkan tentang investasi saham bagi pemula. Selamat berinvestasi. 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *