Berikut adalah beberapa jenis jangka waktu dari tabungan berjangka yang dapat Kamu pilih sesuai dengan kebutuhan;

Jangka Waktu Tabungan Berjangka Terbaik untuk Investasi

Kamu yang telah memutuskan untuk memulai investasi dengan tabungan berjangka, tidak hanya harus memikirkan berapa nominal yang akan disetor tiap bulannya, tapi juga pilihan jangka waktu tabungan berjangka juga harus ditentukan saat pembukaan. Ada beberapa jangka waktu yang dapat dipilih. Dengan syarat bahwa tabungan tersebut hanya bisa diambil sesuai dengan jangka waktu yang telah disepakati. Lebih menguntungkan, karena uang kamu akan lebih aman dan tidak boros.
Berikut adalah beberapa jenis jangka waktu dari tabungan berjangka yang dapat Kamu pilih sesuai dengan kebutuhan:
1 Bulan
Jangka waktu ini paling sebentar yang ditawarkan oleh pihak bank yang mengadakan tabungan berjangka. Dengan adanya jangka waktu sebentar ini, akan memudahkan nasabah untuk mencairkan tabungannya dalam jangka waktu yang tidak lama. Suku bunga yang ditawarkan juga lumayan tinggi meskipun jangka waktunya sebentar saja.
3 Bulan
Jangka waktu tabungan berjangka yang pendek selain satu bulan adalah 3 bulan ini. Umumnya peraturannya sama dengan jangka waktu satu bulan, yaitu uang hanya dapat diambil pada jangka waktu tersebut. Apabila sebelum jatuh tempo, maka akan terdapat penalty berupa pemotongan tabungan dalam jumlah sekian.
6 bulan
Jangka waktu ini banyak dipilih oleh mereka yang ingin menyimpan uangnya lebih lama. Jangka waktu ini tidak berbeda jauh dengan jangka waktu yang lainnya yang membutuhkan setoran dalam jumlah tertentu, tidak bisa diambil sebelum jatuh tempo dan suku bunga biasanya sedikit berbeda. Jangka waktu ini dianggap ideal untuk tetap disiplin dalam berinvestasi untuk keperluan masa depan.
12 Bulan
Jika ingin jangka waktu yang lebih lama, Kamu bisa memilih jangka waktu yang satu ini. Hanya saja, ketika Kamu membutuhkan dana secara mendadak, Kamu tidak bisa mencairkan dana tabungan sewaktu-waktu sebelum jatuh tempo. Jangka waktu ini lebih banyak dipilih oleh mereka yang memang telah punya dana darurat cadangan sehingga ketika butuh tidak harus mencairkan tabungan berjangka, yang jelas akan terkena penalty.
36 Bulan
Ingin menyimpan uang lebih lama lagi? Jangan lupa untuk memilih jangka waktu yang satu ini. Dengan memilih jangka waktu ini, uang tabungan Kamu akan tersimpan lebih lama, tentunya dengan bunga yang lebih besar. Jangka waktu ini juga banyak dipilih oleh mereka yang memang berniat tidak menarik dana dalam waktu dekat. Suku bunga yang ditawarkan biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan jangka waktu yang lainnya.
Nah, setelah mengetahui berbagai macam jangka waktu tabungan berjangka, Kamu bisa merencanakan dan memutuskan untuk memilih jangka waktu yang mana. Setiap pilihan jangka waktu pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tinggal menyesuaikan dengan kemampuan Kamu. Jika tidak membutuhkan dana darurat, maka Kamu bisa memilih jangka waktu yang lebih lama, karena uang akan lebih aman dan mendapat bunga yang lumayan tinggi.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *