jenis investasi emas

Ini Jenis Investasi Emas yang Menguntungkan

Tertarik pada jenis investasi emas? Emas adalah sebuah barang yang dipasarkan berdasarkan konsep penawaran dan permintaan. Hubungan antara teori penawaran dan permintaan dapat menentukan berapa harga emas pada waktu tertentu.

Setiap orang memiliki kenyamanan tersendiri dalam berinvestasi. Ada yang menggunakan emas untuk investasi jangka pendek agar bisa dijual dengan cepat. Sedangkan yang lainnya berinvestasi emas dalam jumlah besar dengan harapan bisa mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang.

Emas sering digunakan oleh investor sebagai aset lindung nilai untuk melawan volatilitas pasar saham, inflasi, atau kelemahan mata uang. Jika Anda ingin investasi emas, pastikan Anda tahu metode investasi mana yang paling cocok untuk Anda:

Baca Juga: Mengenal Kartu Debit Visa untuk Bertransaksi Sehari-hari

1. Emas Fisik

Jika dibandingkan dengan opsi lain di pasar, harga emas agak stabil dan tidak turun dengan margin yang besar bahkan selama krisis. Setiap kali ada krisis di pasar keuangan, orang-orang beralih ke investasi emas dan harganya pun melonjak dalam waktu singkat.

Dalam jenis investasi emas, emas fisik menjadi cara investasi yang paling aman. Jenis investasi emas fisik meliputi koin emas, emas batangan hingga perhiasan emas. Emas fisik khususnya perhiasan emas sangat mudah dibeli dan dijual di pasaran. Banyaknya toko emas di lingkungan Anda membuat Anda dapat dengan mudah membeli emas.

2. Saham Emas

Saham emas memiliki fungsi yang serupa dengan saham lain yang akan Anda beli. Anda berinvestasi di sebuah perusahaan dengan harapan mereka akan berhasil dan investasi Anda akan bertambah. Dengan saham emas, Anda berinvestasi di perusahaan yang khusus memiliki ikatan dengan emas.

Jadi, secara teoritis investasi Anda harus meniru harga emas, tidak harus pasar saham. Misalnya ketika pasar saham ambruk, investasi saham emas Anda seharusnya lebih aman. Ada beberapa jenis saham emas seperti ETF Emas, Saham Pertambangan Emas, dan Sertifikat Emas.

3. Reksa Dana Emas

Reksa dana emas adalah jenis reksa dana yang secara langsung atau tidak langsung berinvestasi dalam cadangan emas. Investasi biasanya dilakukan pada saham-saham yang memproduksi dan mendistribusikan emas, emas fisik, dan pada saham-saham perusahaan pertambangan.

Reksa dana emas adalah cara yang nyaman untuk berinvestasi dalam emas tanpa harus membeli komoditas dalam bentuk fisiknya. Banyak orang mendiversifikasi portofolio investasi mereka dengan 10% hingga 20% investasi ke dalam dana emas sebagai cara untuk mengamankan diri dari pasar yang berfluktuasi.

4. Emas Berjangka

Kontrak berjangka emas adalah kesepakatan untuk membeli atau menjual sejumlah emas di kemudian hari. Kontrak itu merupakan apa yang Anda perdagangkan di bursa. Emas berjangka memiliki lebih banyak likuiditas daripada emas fisik dan tanpa biaya manajemen. Namun, biasanya pialang mungkin mengenakan biaya perdagangan (komisi) per kontrak.

Meski begitu, perdagangan kontrak berjangka melibatkan banyak risiko dan bukan pilihan investasi yang cocok untuk investor yang tidak berpengalaman. Jumlah uang yang bisa hilang dengan investasi ini bisa melebihi investasi awal Anda.

Beberapa jenis investasi emas tersebut mungkin bisa membantu Anda yang ingin berinvestasi emas. Jika Anda masih pemula, ada baiknya Anda mencari informasi sebanyak-banyaknya seputar investasi emas.

Related Posts