investasi untuk mahasiswa

4 Investasi untuk Mahasiswa yang Menguntungkan

Ingin kuliah sambil menghasilkan uang? bisa kok! Salah satunya dengan menginvestasikan uang Anda. Banyak pilihan investasi untuk mahasiswa yang bisa dicoba untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Jadwal kuliah yang padat mungkin membuat mahasiswa kesulitan untuk kuliah sambil bekerja. Dengan berinvestasi, Anda tetap bisa mendapatkan uang tanpa harus meninggalkan kampus. Ditunjang dengan perkembangan teknologi, investasi bisa dilakukan secara online bahkan hanya dari handphone.

Kira-kira jenis investasi untuk mahasiswa apa yang menguntungkan? berikut ini informasinya untuk Anda:

Baca Juga

Jenis Investasi untuk Pelajar yang Bisa Dicoba

1. Investasi Emas

Baik investasi emas fisik maupun emas digital sama-sama menguntungkan. Menginvestasikan uang Anda untuk membeli emas adalah pilihan yang tepat. Anda dapat membeli emas, kemudian menjualnya saat harga emas sedang naik sehingga Anda akan mendapatkan keuntungan.

Emas memberikan hasil yang kompetitif dibandingkan dengan aset keuangan utama lainnya. Selain itu, emas juga merupakan investasi yang relatif stabil. Kebanyakan investor sering menggunakan emas sebagai alat untuk lindung nilai terhadap inflasi dan mendiversifikasi risiko.

2. Investasi Reksa Dana

Reksa dana telah menjadi pilihan investasi yang populer bagi investor. Kesederhanaan pemahaman dan fiturnya memberikan manfaat yang besar bagi investor dengan pengetahuan, uang dan waktu yang terbatas. Selain itu, investasi reksa dana juga bisa dilakukan secara online.

Tentu ini semakin memudahkan mahasiswa yang ingin berinvestasi dengan aman dan mudah. Melalui reksadana online, Anda dapat berinvestasi dimana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan smartphone dan koneksi internet. Reksadana sangat cocok untuk pemula dan tidak harus menggunakan modal besar.

3. Investasi Saham

Poin pentingnya adalah berinvestasi di pasar saham dapat membuat uang Anda tumbuh jauh lebih besar dari waktu ke waktu. Dan itulah alasan mengapa orang berinvestasi di saham. Jika dilakukan dengan benar, Anda dapat meningkatkan uang yang Anda investasikan mulai dari 7% – 10% per tahun dalam jangka panjang.

Saham merupakan jenis instrumen investasi beresiko tinggi. Oleh sebab itu, Anda harus berhati-hati jika ingin bermain saham. Sebelum berinvestasi saham, ada baiknya Anda mempelajari tentang saham terlebih dahulu. Pelajari juga bagaimana menentukan strategi investasi yang tepat.

4. Deposito Berjangka

Deposito berjangka adalah simpanan bank yang berjangka waktu dan suku bunga tetap. Dana di akun ini tidak dapat ditarik untuk jangka waktu tertentu, kecuali ada penalti yang dibayarkan.

Dengan deposito berjangka, Anda mengunci sejumlah uang dalam jangka waktu yang disepakati. Sebagai gantinya, Anda akan mendapatkan tingkat suku bunga yang dijamin untuk jangka waktu yang Anda pilih, sehingga Anda akan tahu persis berapa pengembalian uang Anda nantinya.

Beberapa jenis investasi untuk mahasiswa diatas hanyalah sebagai informasi. Perlu diketahui bahwa semua investasi memiliki keuntungan dan kerugiannya masing-masing. Karena itu, sebaiknya Anda mempelajari terlebih dahulu seputar investasi yang Anda pilih.

Related Posts