investasi untuk pelajar

Jenis Investasi untuk Pelajar yang Bisa Dicoba

Banyak jenis investasi yang bisa dicoba, termasuk investasi untuk pelajar. Belajar investasi sejak dini menjadi salah satu cara meningkatkan ekonomi di masa depan. Sedikit demi sedikit investasi yang dilakukan di usia muda dapat terus bertambah seiring waktu.

Meskipun masih berstatus pelajar, Anda tetap bisa berinvestasi sesuai dengan kemampuan Anda. Saat ini sudah banyak investasi dengan modal kecil yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Anda dapat memanfaatkan peluang tersebut untuk berlatih investasi sampai menghasilkan uang.

Kira-kira investasi untuk pelajar apa yang paling bagus prospeknya? Berikut ini adalah beberapa jenis investasi yang cocok untuk pelajar:

Baca Juga

Memahami Risiko Investasi Obligasi

1. Investasi Reksadana

Reksadana menjadi salah satu jenis investasi untuk pelajar yang sedang booming. Tidak harus menggunakan modal banyak untuk berinvestasi di reksadana. Pasalnya, banyak aplikasi investasi reksadana online yang menawarkan kemudahan investasi dengan modal kecil.

Hanya dengan menyisihkan Rp 10.000 saja setiap bulan, seorang pelajar sudah bisa berinvestasi. Meski begitu, pastikan untuk memilih aplikasi investasi online terpercaya dan diawasi OJK. Jika perlu, liat review atau testimoni orang yang sudah berinvestasi di aplikasi reksadana tersebut.

2. Investasi Saham

Investasi Saham menjadi pilihan yang tepat bagi pelajar dan mahasiswa yang ingin belajar investasi. Meski beresiko tinggi tetapi investasi saham menawarkan keuntungan yang menggiurkan. Tidak harus dengan modal besar, menginvestasikan uang di pasar saham juga bisa dilakukan dengan modal kecil bahkan mulai dari ratusan ribu.

Jika tertarik berinvestasi saham, ada baiknya untuk mempelajari lebih banyak tentang saham. Banyak hal tentang saham yang perlu diketahui khususnya oleh investor pemula. Jangan terburu-buru mengeluarkan uang untuk investasi, sebelum Anda benar-benar memahami cara berinvestasi yang menguntungkan.

3. Investasi Emas

Investasi emas sangat cocok untuk pelajar. Hal ini karena investasi emas mudah dilakukan dan tidak harus menggunakan modal yang besar. Anda dapat membeli emas yang harganya ratusan ribu. Kemudian simpan emas tersebut dan jual saat harga emas sedang naik untuk mendapatkan keuntungan.

Salah satu kelebihan investasi emas adalah harganya yang cenderung naik setiap tahun. Oleh sebab itu, menginvestasikan uang Anda di emas sangat menjanjikan. Apalagi harga beli dan harga jualnya memiliki selisih yang cukup besar.

Perlu diketahui, investasi emas bisa Anda lakukan sendiri tapi berbeda dengan investasi reksadana dan saham. Biasanya syarat wajib untuk membuka rekening saham dan mendaftar Reksadana adalah KTP. Bagi pelajar yang ingin berinvestasi di kedua jenis investasi tersebut, pastikan Anda sudah berusia 17 tahun keatas atau sudah memiliki KTP.

Beberapa jenis investasi untuk pelajar tersebut hanyalah sebagai informasi. Keputusan untuk berinvestasi tetaplah ada di tangan Anda. Pastikan Anda memilih investasi yang tepat untuk Anda, sehingga Anda dapat menentukan strategi apa yang dapat diterapkan.

Related Posts