kekurangan kartu kredit

Apa Saja Kekurangan Kartu Kredit yang Perlu Diketahui?

Meskipun memiliki banyak kelebihan, tentu tetap ada kekurangan kartu kredit yang perlu Anda ketahui. Hal ini bertujuan agar Anda lebih berhati-hati selama menggunakan kartu kredit.

Kartu kredit menjadi alat yang sangat membantu ketika Anda membutuhkan dana darurat. Namun, kartu kredit juga dapat menyebabkan situasi keuangan yang membuat Anda stres. Misalnya, Anda memakai kartu kredit secara berlebihan sehingga membuat kondisi keuangan Anda semakin sulit.

Berikut ini adalah beberapa kekurangan kartu kredit yang perlu Anda ketahui:

1. Pembayaran Bunga

Bunga kartu kredit  adalah biaya untuk meminjam uang dari bank penerbit kartu kredit Anda. Jika Anda menggunakan kartu kredit, Anda harus membayar pinjaman Anda kembali beserta bunganya. Berapa bunga yang akan Anda bayarkan tergantung pada jenis kartu yang Anda miliki, transaksi yang Anda lakukan, dan kapan Anda melakukan pembayaran.

2. Biaya Lainnya

Kartu kredit juga mengenakan berbagai biaya lainnya. Secara umum, ada beberapa biaya kartu kredit seperti biaya tahunan, biaya penarikan tunai, biaya over limit, dan dan lain-lainnya.

Selain itu, kartu kredit juga dapat mengenakan denda keterlambatan, apabila Anda terlambat melakukan pembayaran minimum pada kartu kredit Anda. Jika Anda terkena denda keterlambatan, segera bayar jumlah tagihan yang telah jatuh tempo dan hubungi bank untuk mengetahui apakah Anda dapat menegosiasikan pembebasan biaya.

3. Godaan Menghabiskan Uang

Memiliki kartu kredit terasa seperti memiliki banyak uang untuk dibelanjakan pada apa pun yang Anda inginkan. Hal tersebut yang membuat kebanyakan pemegang kartu kredit tergoda untuk menghabiskan uang. Kesenangan hanya di awal, sedangkan nanti juga tetap harus membayar tagihan kartu kredit.

Pengeluaran berlebihan adalah salah satu penyebab hutang kartu kredit menumpuk. Untuk menghindarinya, Anda harus melihat apa yang mampu Anda bayarkan sehingga Anda tahu berapa banyak yang mampu Anda belanjakan. Jangan menggunakan kartu kredit untuk membeli sesuatu yang Anda tahu Anda tidak mampu membayarnya.

4. Penurunan Skor Kredit

Jika Anda berani memiliki kartu kredit, Anda juga harus berani bertanggung jawab saat menggunakannya. Selain membayar tagihan Anda tepat waktu, Anda juga harus memperhatikan bagaimana kartu kredit dapat mempengaruhi skor kredit Anda.

Segala sesuatu yang Anda lakukan dengan kartu kredit dapat mempengaruhi skor kredit Anda. Skor kredit Anda dihitung menggunakan informasi pada laporan kredit Anda (catatan kredit dan rekening pinjaman Anda).

Bagaimana cara menghindari penurunan skor kredit? Pastikan Anda membayar setidaknya saldo minimum yang jatuh tempo tepat waktu. Bayar saldo kartu kredit Anda agar penggunaan kredit Anda secara keseluruhan tetap rendah. Jangan menutup kartu kredit lama atau mengajukan terlalu banyak kartu kredit baru.

Demikian informasi seputar kekurangan kartu kredit. Untuk menghindari kekurangan kartu kredit tersebut, pastikan Anda menggunakan kartu kredit dengan bijak. Samapai jumpa di artikel seputar perbankan di blog Tangangatel. Jangan lupa bagikan informasi ini jika bermanfaat ya.

Referensi

investmoneysaving.com

Related Posts