Kelebihan dan Kekurangan Deposito Online - Blog Tangan Gatel
Oleh karena itu, simak ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan deposito online.

Kelebihan dan Kekurangan Deposito Online

Deposito merupakan salah satu bentuk investasi berjangka yang dikelola oleh bank. Awalnya, pembukaan deposito hanya bisa dilakukan dengan tatap muka dengan customer service di bank terpilih. Namun seiring berkembangan teknologi, deposito bisa dibuka melalui perantara platform online. Baik melalui mobile banking, internet banking, maupun website (tergantung kebijakan masing-masing bank). Namun, sebelum menggunakan fasilitas ini, mari pelajari kelebihan dan kekurangan deposito online terlebih dahulu.
Tak kenal, maka tak sayang. Pepatah ini juga berlaku dalam memilih bank untuk membuka tabungan deposito secara online. Pasalnya, cara serta penerapannya agak sedikit berbeda dengan pembukaan secara tatap muka. Sebab, nasabah tidak bertemu secara langsung dengan pihak bank. Oleh karena itu, simak ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan deposito online.

1. Sistem pembukaannya yang cepat dan mudah

Bicara tentang kelebihan dan kekurangan deposito online, maka hal yang terlintas adalah kemudahan dalam prosesnya. Nasabah tidak perlu datang secara langsung ke bank yang dituju, karena semua bisa dilakukan dari mana saja. Sungguh sebuah kemudahan yang sayang untuk dilewatkan oleh para eksekutif muda, yang hidupnya saja bagai dikejar waktu.
Cukup mengisi form pembukaan deposito yang beris ikan jangka waktu (tenor), nominal uang, dan sistem pembayaran bunga. Semua semudah membalikkan telapak tangan. Sebab, data-data yang diperlukan sudah tersinkronisasi dengan data akun rekening utama nasabah. Sehingga sangat disarankan untuk membuka deposito di bank yang sama dengan rekening reguler yang dimiliki.

2. Tidak memerlukan waktu dan tenaga ekstra

Kelebihan yang kedua adalah terbebas dari tuntutan waktu dan tenaga ekstra. Sebelum adanya fitur layanan online, nasabah harus datang dan mengantri di bank tujuan. Masih ditambah dengan pengurusan dan penandatanganan sejumlah berkas pembukaan. Bagi sebagian nasabah, kegiatan ini dianggap sebagai sebuah pemborosan waktu.

3. Proses penutupan deposito yang mudah

Semudah membuka, semudah itu pula menutup deposito online. Cukup membuka aplikasi internet atau mobile banking dan pilih fitur penutupan. Maka dalam waktu yang telah ditentukan, dana akan langsung masuk ke rekening utama. Sementara ketentuan pemotongan atau biaya administrasi, bisa langsung terpotong.

4. Tidak semua bank melayani pembukaan de posito online

Artikel kelebihan dan kekurangan deposito online ini wajib untuk dibaca sampai tuntas. Pasalnya, belum semua bank yang sudah melayani pembukaan deposito secara online. Yakni bank Mandiri, BNI, BRI, Danamon, CIMB Niaga, OCBC NISP, dan HSBC.

5.Rawan pencurian data virtual

Kekurangan selanjutnya adalah rawan pencurian data virtual. Bentuk-bentuk kejahatan dunia maya (cyber crime) yang biasa mengintai transaksi virtual adalah phising, hacking, dan permasalahan teknis.

6. Ada banyak istilah asing

Kekurangan yang paling umum terjadi kemudian adalah ada banyak istilah istilah perbankan asing, yang tidak mudah dipahami oleh nasabah yang awam. Hal ini terjadi karena ada banyak kata-kata resapan dari bahasa asing.
Demikian ulasan Kelebihan dan Kekurangan Deposito Online, semoga artikel ini bermanfaat untuk pertimbangan, sebelum membuka rekening deposito dari jalur online.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *