kelebihan kartu debit

Kelebihan Kartu Debit yang Bisa Anda Manfaatkan

Bagi banyak orang, kelebihan kartu debit adalah tidak berhutang saat menggunakannya. Ya, karena setiap transaksi yang Anda lakukan dengan kartu debit langsung memotong uang di rekening Anda. Dengan kartu debit, Anda tidak perlu memikirkan tagihan bulanan dan juga tidak akan ada biaya bunga setiap bulan.

Dibalik kelebihannya, ada juga kekurangan kartu debit. Jika Anda kehabisan uang, kartu debit Anda tidak bisa digunakan. Jika Anda memiliki pengeluaran yang tidak direncanakan, Anda tidak memiliki cukup uang di rekening Anda pada saat itu untuk melakukan penarikan tunai, pembelian, maupun transaksi penting lainnya.

Meski begitu, kelebihan kartu debit jauh lebih banyak dibanding kartu kredit terutama dalam penghematan uang. Berikut ini adalah beberapa kelebihan kartu debit yang perlu Anda ketahui:

Baca Juga:

Manfaat Kartu Debit

Pilih Kartu Debit atau Kartu Kredit?

Berbagai Biaya yang Ada di Kartu Debit

Syarat Pembuatan Kartu Debit Mudah

Cara mendapatkan kartu debit sangat mudah. Anda hanya perlu mendatangi bank terdekat dengan membawa persyaratan tertentu. Biasanya cukup dengan KTP, NPWP (jika punya), dan menyediakan uang setoran minimal. Jumlah dana setoran pertama untuk tabungan berbeda-beda di setiap bank.

Tidak Ada Biaya Tahunan

Menggunakan kartu debit juga tidak mahal. Kartu debit sering tidak memungut biaya tahunan seperti yang dilakukan beberapa kartu kredit. Biasanya kartu debit hanya membebankan biaya administrasi yang sangat ringan.

 Tarik Tunai dengan Mudah

Kelebihan kartu debit lainnya yakni dapat menarik uang tunai dengan mudah dan cepat. Jika Anda membutuhkan uang tunai, Anda dapat mengambilnya di ATM yang berafiliasi dengan bank Anda.

Tidak Ada Bunga

Tidak seperti kartu kredit,  tidak ada biaya bunga pada kartu debit. Hal ini karena uang tersebut langsung didebit dari rekening bank Anda. Selain itu, karena kartu debit terhubung langsung ke rekening bank Anda, sehingga Anda dapat dengan mudah mendapatkan uang dari ATM.

Mencegah Berhutang Berlebihan

Salah satu kelebihan kartu debit adalah Anda tidak berhutang saat menggunakannya. Anda dapat membatasi pengeluaran sesuai dengan uang yang Anda miliki di rekening. Kartu debit mencegah Anda berhutang dan menghindarkan Anda dari tagihan bulanan beserta bunganya.

Kartu kredit memang membantu Anda membeli apa saja, bahkan saat Anda tidak punya uang. Tetapi dengan kartu debit, Anda memiliki batasan karena Anda membelanjakan langsung dari rekening bank Anda. Kartu debit selalu menetapkan batasan pada pengguna sebelum menggesek kartu.

Pilihan yang Tepat

Kartu debit dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Di kartu debit, tidak ada iuran, tidak ada suku bunga, dan tidak ada skor kredit. Anda hanya membelanjakan uang sesuai yang Anda miliki di rekening bank Anda.

Kelebihan kartu debit cukup banyak sehingga Anda tidak perlu ragu untuk memilikinya. Apalagi membuat kartu debit sangatlah mudah. Anda cukup mengajukan permohonan pembukaan rekening di bank dan Anda akan mendapatkan kartu debit.

Related Posts