kelebihan kartu kredit

5 Kelebihan Kartu Kredit yang Bisa Didapatkan Bagi Penggunanya

Berbicara soal urusan finansial, kelebihan kartu kredit memang sangat membantu. Kebutuhan mendesak bisa datang kapan saja tapi dana darurat belum tentu selalu ada. Dengan kartu kredit, Anda tidak perlu khawatir karena selalu ada uang yang bisa Anda andalkan.

Kartu kredit adalah salah satu produk keuangan yang memungkinkan Anda meminjam dana untuk berbagai keperluan. Selain melakukan pembelian, Anda juga dapat menarik uang secara tunai dengan kartu kredit. Anda harus membayar uang pinjaman Anda kembali beserta bunganya sesuai dengan ketentuan yang sudah disepakati.

Jika Anda ingin memiliki kartu kredit, penting untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan kartu kredit sebagai bahan pertimbangan. Kartu kredit memiliki beberapa keunggulan, salah satunya sebagai berikut ini:

1. Membantu dalam Keadaan Darurat

Kelebihan kartu kredit adalah membantu dalam keadaan darurat dan kebutuhan mendesak. Misalnya seperti harus membayar biaya pengobatan, membiayai pendidikan, dan berbagai keperluan lainnya. Anda dapat memanfaatkan kartu kredit untuk memenuhi keperluan penting Anda dan membayarnya di kemudian hari.

2. Perlindungan dari Penipuan

Bank membantu melindungi Anda dan pembelian Anda dari penipuan kartu kredit. Jika Anda melihat tagihan yang tidak Anda kenali, segera hubungi bank Anda agar bisa ditindak lanjuti. Jika kartu kredit Anda hilang atau dicuri, pastikan untuk melaporkannya ke bank agar kartu kredit Anda segera diblokir.

3. Lebih Mudah untuk Melacak Pengeluaran

Semua pembelian dengan kartu kredit Anda dilacak dan dicatat oleh bank. Kartu kredit memberikan laporan rinci tentang di mana dan berapa banyak yang Anda belanjakan. Hal ini dapat membantu Anda membuat penganggaran lebih mudah daripada mencatat setiap transaksi tunai di buku besar.

4. Membangun Skor Kredit

Rincian rekening kartu kredit dan riwayat pembayaran Anda merupakan bagian penting dari skor kredit Anda. Jika Anda selalu membayar tagihan kartu kredit tepat waktu dan tidak pernah telat, informasi ini sangat berguna untuk membangun skor kredit Anda. 

Hal ini dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan persetujuan dari produk lain seperti pinjaman uang dari lembaga keuangan lain, pengajuan kredit kendaraan, hingga pembiayaan untuk mencicil rumah.

5. Transaksi Online dan Offline Jadi Mudah

Transaksi belanja Anda kini semakin mudah dengan adanya kartu kredit. Anda dapat menggunakan kartu kredit untuk offline atau online payment. Dengan kartu kredit, Anda tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar sehingga belanja pun lebih aman dan praktis.

Kelebihan kartu kredit memang banyak tetapi kartu kredit juga memiliki kekurangan yang penting untuk Anda ketahui. Kartu kredit membebankan bunga bulanan, iuran tahunan, biaya penarikan tunai, dan berbagai biaya lainnya. Jadi, pertimbangkan baik-baik jika ingin memiliki kartu kredit.

Related Posts