Sebelum berinvestasi, ada baiknya kita ketahui keuntungan dan kerugian deposito untuk meminimalisir risiko investasi. 

Untung Rugi Deposito yang Wajib Kamu Ketahui

Sebelum berinvestasi, ada baiknya kita ketahui untung rugi deposito untuk meminimalisir risiko investasi. 
 
Masa depan, akan ditentukan oleh bagaimana kita dalam merancang keuangan. Salah satunya bergantung pada pemilihan jenis investasi yang kita lakukan. Misalnya deposito, yang merupakan salah satu jenis instrumen investasi yang sudah kita kenal selama ini. 
 
 
Deposito merupakan tabungan di bank yang mempunyai jangka waktu tertentu dengan hasil imbalan yang kita terima berupa bunga. Semakin besar nominal yang kita depositokan, akan semakin besar bunga yang kita terima. 
 

Beberapa keuntungan dan kerugian deposito berikut akan membuat kita lebih hati-hati sebelum berinvestasi. Ini penting untuk meminimalisir risiko yang mungkin terjadi. Diantara keuntungan yang bisa diambil ketika investasi melalui deposito antara lain: 

Keuntungan Deposito

1. Sistemnya sangat mudah 

Deposito merupakan produk tabungan berjangka yang mempunyai sistem sangat mudah sehinga disukai banyak orang 

2. Jangka waktu bervariasi 

Jangka waktunya sangat bervariasi sesuai dengan keinginan kita. Mulai dari 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan,ada juga yang 6,9,12 sampai dengan 24 bulan 

3. Keamanan terjamin 

Deposito merupakan investasi yang tergolong aman karena dijamin oleh LPS dengan syarat mengikuti semua ketentuan yang sudah ditetapkan yaitu nominalnya tidak lebih dari 2 milyar dalam satu rekening. 

4. Bebas biaya administrasi 

Deposito ini tidak seperti tabungan biasa karena bebas dari potongan biaya administrasi bulanan. 

5. Lebih menguntungkan 

Berbeda dengan tabungan biasa, depositi ini mempunyai hasil imbalan bunga lebih besar dari tabungan biasa. 

6. Dapat diperpanjang secara otomatis 

Jangka waktu deposito ini sangat fleksibel karena dapat diperpanjang secara otimatis. Kita tinggal menginformasikan nya saja kepada pihak bank. 
 

Selain beberapa keuntungan yang sudah disebutkan di atas, deposito juga mempunyai beberapa kerugian, antara lain: 

Kerugian Deposito

1. Hanya bisa diambil pada waktu tertentu 

Tidak seperti tabungan biasa yang dapat kita ambil sewaktu waktu pada saat kita memerlukannya. Karena sesuai dengan namanya, deposito ini hanya dapat dicairkan sesuai dengan jangka waktu tertentu yang telah kita tetapkan. 

2. Mudah terkena inflasi 

Seperti yang kita tau kalau nilai uang akan lebih mudah terpengaruh oleh adanya inflasi. Demikian juga dengan deposito, ketika terjadi inflasi maka hasil imbalan dari deposito akan menjadi lebih kecil. 

3. Pengelolaan dilakukan orang lain 

Pengelolaan deposito dilakukan oleh pihak lain sehingga kita tidak dapat mengetahui berapa hasil yang sebenarnya didapat dari uang yang kita depositokan. 

4. Hasil investasinya relatif rendah 

Deposito merupakan salah satu jenis investasi dengan imbalan hasil yang ditawarkan relatif rendah bila dibandingkan dengan jenis investasi lain seperti saham, obligasi atau property. 

5. Jenis investasi yang membosankan 

Deposito merupakan jenis pilihan investasi yang monoton dan membosankan bagi sebagian orang menyukai tantangan. Karena selain resikonya rendah, keuntungan deposito juga relatif stabil sesuai jangka waktu dan nominal yang kita depositikan. 

6. Tidak bisa diakses setiap waktu 

Kita tidak dapat mengakses tabungan kita setiap waktu seperti tabungan biasa. Karena uang kita terkunci di bank sesuai dengan jangka waktu yang kita tentukan. 
 
Setelah mengetahui beberapa keuntungan dan kerugian deposito, saatnya kita menentukan langkah untuk memulai investasi. Sesuaikan pilihan dengan kondisi finansial yang ada, ya. Selamat berinvestasi!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *