keuntungan dan kerugian investasi logam mulia

Keuntungan dan Kerugian Investasi Logam Mulia

Kebutuhan dan tuntutan hidup manusia saat ini terus meningkat seiring perkembangan zaman. Padaera ini sangat sulit membedakan antara hal yang benar-benar menjadi kebutuhan hidup dengan keinginan. Terkadang kita merasa dengan gaji bulanan yang kita miliki sajatidak akan cukup untuk memenuhi tuntutan hidup yang ada, apalagi untuk memikirkan masa depan. Investasi menjadi salah satu cara jitu untuk mengatasi masalah ini. Dan salah satu jenis investasi yang cukup diminati pada saat ini adalah investasi logam mulia jenis emas. Sebelum kita memutuskan untukberinvestasi dalam bentuk ini,baiknya terlebih dahulu kita mengenal keuntungan dan kerugian investasi logam mulia jenis emas ini.
 
Baca Juga:
 

Keuntungan dan Kerugian Investasi Logam Mulia Jenis Emas

Sama dengan halnya investasi jenis lain kita harus memperhatikan bagaimana keuntungan dan kerugian investasi logam mulia jenis emas ini. Ada beberapa keuntungan yang akan kita rasakan dengan investasi jenis ini. Investasi ini banyak diminati karena termasuk jenis investasi yang mudah dicairkan. Emas bisa dijual kapan saja sehingga memudahkan kita apabila ada kebutuhan yang mendadak. Emas bisa juga dijadikan sebagai tabungan darurat. Emas bisa digunakan sebagai jaminan di Pegadaian dan kita bisa menebusnya kembali sewaktu-waktu sesuai kesepakatan. Harga emas cenderung stabil dan yang pasti investasi ini bebas dari pajak. Selain itu keuntungan lain dari investasi ini yaitu dana yang diperlukan bervariasi dan bisa disesuaikan dengan kemampuan keuangan kita.
 
 
Selain keuntungan kita juga harus memperhatikan kerugian yang mungkin terjadi jika berinvestasi logam mulia jenis emas. Karena emas berwujud barang maka dalam investasi ini kita berisiko kehilangan jika tidak menempatkannya ditempat yang aman. Terlebih apabila emas ini berupa perhiasan maka risiko hilang akan lebih tinggi, perhiasan bisa terjatuh atau terlepas pada saat pemakaian. Selain itu kenaikan harga yang lambat menjadi salah satu kerugian dalam investasi jenis ini. Meskipun harga emas cenderung stabil tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa investasi ini tidak dapat memberikan keuntungan dalam waktu yang singkat. Sehingga investasi logam mulia emas lebih cocok untuk investasi jangka panjang.

Keuntungan dan Kerugian Investasi Logam Mulia Jenis Emas Sistem Online

Dengan adanya perkembangan teknologi investasi logam mulia ini bisa dilakukan secara online. Kita bisa membeli dan menjual emas dengan mudah hanya melalui sebuah aplikasi, sehingga transaksi ini bisa kita lakukan kapan dan dimana saja. Cara ini bisa mengantisipasi adanya risiko kehilangan. Beberapa contoh aplikasi yang memfasilitasi investasi jenis ini adalah Pegadaian Digital Service, Orori, dan Tokopedia. Ketiga aplikasi ini bisa kita unduh dengan mudah di Google Play Store dan App Store.Sayangnya, investasi sistem ini belum mampu menjangkau semua lapisan masyarakat.Sistem ini belum bisa menjangkau masyarakat yang kurang menguasai teknologi karena dalam mengoperasikannya diperlukansebuah gadget atau smartphone.
 
Emas bisa menjadi pilihan menarik bagi kita yang ingin berinvestasi. Nah, diatas adalah beberapa keuntungan dan kerugian investasi logam mulia jenis emas yang harus kita ketahui sebelum memutuskan untuk berinvestasi. Selamat mencoba.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *