Macam-macam Deposito dan Cara Tepat Memilihnya - Blog Tangan Gatel
Untuk menarik minat, ada macam-macam deposito yang bisa menjadi pilihan dalam investasi. 

Macam-macam Deposito dan Cara Tepat Memilihnya

Deposito merupakan penyimpanan uang di bank yang penyetoran dan penarikannya hanya dapat dilakukan di waktu tertentu yang ditentukan. Jangka waktu yang jadi pilihan biasanya dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan seterusnya. Untuk menarik minat, ada macam-macam deposito yang bisa menjadi pilihan dalam investasi.
Sebelum memulai investasi, perlu kita ketahui bahwa Deposito hanya dapat dicairkan sesuai dengan waktu yang ditentukan. Jika di luar itu, ada potongan denda atau penalti. Biasanya besar denda sekitar 0,5% sampai 3% dari seluruh deposito.

1. Deposito Berjangka

Ciri deposito berjangka adalah jenis tabungan berjangka yang ditentukan menurut jangka waktu tertentu. Jangka waktu deposito sangat bervariasi sesuai dengan kesepakatan, mulai dari 1, 2, 3, atau 6 bulan sesuai dengan tanggal yang telah disepakati.
Deposito berjangka diterbitkan dengan nama, dapat perorangan atau lembaga. Penarikan bunga deposito berjangka dapat dilakukan secara tunai atau pemindahbukuan, dan akan dikenakan pajak dari jumlah bunga yang diterima.

2. Sertifikat Deposito

Sertifikat deposito memiliki kesamaan dengan deposito berjangka, yaitu ditentukan sesuai jangka waktu yang ditetapkan. Bedanya terletak pada sertifikatnya yang tidak mengacu pada nama seseorang atau lembaga, sehingga dapat dipindahtangankan kepada pihak lain atau diperjualbelikan. Perbedaan lain yaitu pencairan bunganya dapat dilakukan di awal, setiap bulan, atau saat jatuh tempo.

3. Deposito On Call

Deposito on call memiliki waktu minimal tujuh hari atau paling lama kurang dari satu bulan. Macam-macam deposito ini diterbitkan atas nama perorangan dan khusus dalam jumlah besar. Besaran bunganya juga berbeda, tergantung ketentuan masing-masing bank atau hasil dari negosiasi nasabah dengan pihak bank. Pencairan bunga deposito on call dapat dilakukan dengan memberitahukan minimal tiga hari sebelumnya kepada pihak bank.

4. Deposito Automatic Roll Over

Deposito automatic roll over merupakan salah satu jenis dari deposito berjangka. Bedanya dalam hal ini, simpanan deposito yang sudah jatuh tempo sesuai waktu yang ditentukan, namun belum diambil oleh pihak nasabah, sehingga akan otomatis dilakukan perpanjangan waktu meski tanpa persetujuan dari nasabah.
Untuk memilih deposito mana yang sesuai dengan kebutuhan, berikut beberapa informasi yang dapat jadikan sebagai pertimbangan:
Pertama, wajib untuk mencari informasi tentang reputasi bank. Bank yang memiliki reputasi baik akan sesuai dengan standar kualifikasi dari bank Indonesia.
Kedua, membandingkan produk deposito yang paling tepat sesuai kebutuhan. Salah satu yang dapat dijadikan indikator adalah sistem pembayaran bunga.
Ketiga, harus waspada terhadap bunga yang tinggi. Pastikan memilih bank yang memberikan tingkat suku bunga di atas ketentuan dari lembaga peminjam. Hal itu terkait dengan peraturan bank Indonesia yang hanya memungkinkan bank tersebut akan memberikan deposito maksimum atau dibawah suku bunga LPS.
Macam-macam deposito tersebut dapat dijadikan sebagai usaha atau investasi dengan banyak keuntungan. Namun tetap pelajari dahulu sebelum membeli produk deposito. Perhatikan juga reputasi bank dan suku bunga yang ditawarkan sebelum memilih deposito yang tepat agar keuntungan menjadi berlipat.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *