manfaat kartu debit

Ini Dia Manfaat Kartu Debit, Cocok untuk Transaksi Sehari-hari

Banyak sekali manfaat kartu debit, termasuk untuk melakukan pembelian dan pembayaran dengan mudah, dan aman. Banyak orang lebih menikmati kemudahan bertransaksi tanpa uang tunai. Penggunaan kartu debit semakin memudahkan berbagai transaksi baik offline maupun online.

Kartu debit memadukan fungsi dasar kartu ATM dan kartu kredit untuk membantu Anda mengakses uang tunai dari rekening bank Anda dengan cepat. Anda dapat menggunakan kartu debit untuk pembelian online, pembayaran di kasir atau bahkan di aplikasi dompet digital.

Setiap kali Anda melakukan transaksi pembelian atau pembayaran melalui kartu debit, saldo yang Anda miliki dalam kartu debit otomatis akan langsung terpotong. Lebih dari itu, penting bagi kita untuk mengetahui apa saja manfaat kartu debit untuk transaksi.

Baca Juga: Pengertian dan Jenis Kartu Debit

1. Bebas dari Hutang

Manfaat kartu debit yang pertama adalah membebaskan Anda dari hutang. Kartu kredit memang memudahkan Anda membeli apapun yang Anda inginkan. Namun, hal ini membuat Anda harus berhutang pada bank. Dengan kartu debit, Anda menggunakan uang langsung dari rekening bank Anda.

Pastinya ini membuat Anda terhindar dari pengeluaran uang lebih banyak daripada yang Anda miliki. Dan yang terpenting, Anda tidak perlu khawatir harus membayar tagihan kartu kredit sebulan sekali. 

2. Kartu Debit Mudah Dimiliki

Jika Anda memiliki catatan kredit yang buruk, Anda akan sulit mendapatkan persetujuan untuk mendapatkan kartu kredit dan tingkat suku bunga Anda kemungkinan besar akan sangat tinggi.

Hal ini berbeda dengan kartu debit. Ya, mendapatkan kartu debit sangatlah mudah. Anda hanya perlu membuka rekening di bank dan Anda akan menerima kartu debit. Kartu debit tidak memerlukan aplikasi atau skor kredit minimum. Jadi, Anda dapat mengajukan pembukaan rekening kapan saja di bank.

3. Biaya Administrasi yang Ringan

Biasanya biaya administrasi bulanan kartu debit jauh lebih ringan dibanding kartu kredit. Bahkan ada beberapa bank yang tidak membebankan biaya administrasi untuk jenis kartu debit tertentu. 

Hal ini berbeda dengan kartu kredit yang memberikan suku bunga bunga. Apalagi jika Anda terlambat membayar tagihan kartu kredit, Anda akan dikenakan denda keterlambatan pembayaran.

4. Nyaman Digunakan

Kartu debit sangat mudah digunakan. Karena pembayaran dipotong langsung dari rekening bank Anda, tempat uang sudah ada, dan transaksi dapat dilakukan secara instan. Kartu debit membuat transaksi cepat, mudah dan nyaman digunakan.

Anda tidak perlu membawa uang tunai jika Anda rutin menggunakan kartu debit. Jika Anda membutuhkan uang tunai, Anda dapat mampir ke ATM dan mengambil uang sebanyak yang Anda butuhkan. Ini menjadi salah satu manfaat kartu debit yang memudahkan dan sangat praktis.

Beberapa manfaat kartu debit tersebut bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang belum memiliki kartu debit. Kartu debit memudahkan Anda dalam bertransaksi dimanapun dan kapanpun Anda mau.

Related Posts