manfaat kartu kredit

Ternyata Ini 5 Manfaat Kartu Kredit yang Bisa Kamu Ketahui

Banyak manfaat kartu kredit jika digunakan dengan bijak. Bagi Anda yang memiliki kartu kredit, penting untuk mempertimbangkan bagaimana cara Anda menggunakan kartu kredit dengan baik. Misalnya, membayar tagihan tepat waktu dan tidak menggunakan kartu kredit untuk hal-hal yang tidak penting.

Mengapa menggunakan kartu kredit? Opsi pembayaran lain, seperti kartu debit mungkin lebih baik untuk menyesuaikan anggaran. Namun, ada beberapa keuntungan kartu kredit yang tidak dimiliki kartu debit.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kartu kredit yang perlu diketahui:

Baca Juga:

Pengertian dan Jenis Kartu Kredit

Tips Investasi Online yang Aman dan Terpercaya

1. Membantu dalam Keadaan Darurat

Salah satu manfaat kartu kredit adalah membantu dalam keadaan darurat atau pengeluaran yang tidak direncanakan.  Jika Anda memiliki kartu kredit, Anda selalu punya dana pinjaman untuk digunakan sewaktu-waktu.

Hal tersebut tidak mungkin bisa Anda lakukan di kartu debit. Kartu debit hanya menyimpan uang Anda sendiri, sehingga Anda tidak dapat melakukan penarikan lebih dari jumlah uang yang Anda miliki dalam kartu debit Anda.

2. Membangun Skor Kredit

Skor kredit, yang diambil dari catatan aktivitas keuangan Anda, sangat penting jika Anda berencana untuk meminjam uang. Skor ini sebagian berasal dari riwayat kartu kredit Anda. Berbeda dengan penggunaan kartu debit, penggunaan kartu kredit dilaporkan ke biro yang memantau skor.

Rekam jejak pembayaran tagihan kartu kredit tepat waktu dan tidak pernah telat sangat bagus untuk meningkatkan skor kredit Anda. Jika Anda memiliki skor kredit yang bagus, Anda akan lebih mudah untuk mengajukan pinjaman.

3. Lebih Mudah untuk Melacak Pengeluaran

Menggunakan kartu kredit dapat membuat pengelolaan keuangan Anda lebih nyaman daripada menggunakan metode pembayaran lain. Kartu kredit Anda mengirimkan laporan setiap bulan yang merinci dengan tepat kapan, di mana, dan berapa banyak yang Anda belanjakan untuk setiap pembelian yang menggunakan kartu kredit Anda.

Anda dapat menggunakan informasi tersebut untuk melacak pengeluaran Anda. Selain itu, beberapa kartu kredit juga menawarkan laporan akhir tahun yang merangkum pengeluaran Anda sepanjang tahun. Hal ini sangat berguna untuk Anda baik untuk pajak dan tujuan pelacakan lainnya.

4. Rewards Kartu Kredit

Biasanya kartu kredit menawarkan program reward. Kartu kredit menyediakan berbagai hadiah menarik mulai dari voucher, poin, cashback, dan sebagainya. Namun, imbalan yang Anda peroleh dan jenis pembelian yang memperoleh imbalan mungkin berbeda-beda menurut kartu kredit.

Misalnya, Anda dapat memperoleh satu poin untuk setiap pembelian yang Anda lakukan menggunakan kartu kredit. Bergantung pada penerbit kartu, Anda mungkin dapat menukarkan reward Anda dengan kartu hadiah, uang tunai, atau bahkan voucher perjalanan.

5. Keamanan dan Perlindungan Pembelian

Hampir semua kartu kredit menawarkan perlindungan terhadap penipuan kartu kredit. Jika ada yang mencuri kartu Anda (atau nomor kartu) dan melakukan pembelian, Anda akan mendapatkan penggantian dan tidak diwajibkan untuk membayar pembelian yang dicuri tersebut.

Meskipun banyak manfaat kartu kredit tetapi Anda juga harus mempertimbangkan kekurangan kartu kredit. Gunakanlah kartu kredit Anda dengan bijak, tepat, dan tidak berlebihan.

Related Posts