Belajar Reksadana Pendapatan Tetap

Artikel Blog Tangangatel ini akan menjelaskan reksadana pendapatan tetap secara umum. Selamat membaca.
 
Investasi merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan modal demi masa depan yang lebih baik.Investasi ini beragam bentuknya, salah satunya adalah melalui reksadana. Orang yang sudah bermain dibursa saham atau investasi sudah tidak asing lagi dengan istilah atau kata ini. Untuk pemahaman lebih lanjut, mari kita pelajari tentang pengertian reksadana pendapatan tetap dalam ulasan berikut ini.
 
 
Reksadana merupakan salah satu wadah investasi yang dikelola oleh manajer investasi. Dana dari masyarakat pemodal yang membeli produk reksadana dikumpulkan kemudian dikelola untuk diinvestasikan kembali melalui portofolio efek. Terdapat banyak pilihan portofolio efek untuk investasi reksadana.
 

Beberapa portofolio efek yang biasa digunakan manajer investasi adalah saham, pasar uang, dan surat utang. Portofolio efek tujuan investasi tersebut akan menentukan jenis reksadana dalam pilihan produk yang dijual. Reksadana saham akan menginvestasikan minimal 80% dananya ke saham pilihan manajer investasi.
 

Begitu juga dengan jenis reksadana pasar uang, 100% dana pemodal yang masuk akan diinvestasikan oleh manajer keuangan ke pasar uang. Keuntungan dari investasi di pasar uang inilah yang akan dibagi manajer investasi dengan investor atau masyarakat pemodal.
 
Nah, jenis lain dari reksadana adalah reksadana pendapatan tetap. Jenis reksadana ini sesuai namanya dikelola oleh manajer investasi hanya kepada portofolio yang menawarkan pendapatan tetap. 
 

Pengertian Reksadana Pendapatan Tetap

Pengertian reksadana pendapatan tetap adalah jenis reksadana yang menjanjikan pendapatan tetap dalam jangka waktu tertentu. Jenis reksadana ini sebagian besar alokasi investasinya ditempatkan pada efek yang memberikan pendapatan tetap, seperti Surat Utang.
 
Surat utang tersebut dapat berwujud obligasi, atau Surat Utang Negara, atau investai lain. Reksadana jenis ini hampir tidak memiliki risiko. Dengan demikian, investor dapat merasa nyaman dan tenang dalam berinvestasi.
 
Obligasi atau Surat Utang negara merupakan portofolio yang menjanjikan pengembalian tetap. Karena adanya jaminan aset yang menjadi dasar dijualnya surat utang tersebut. 

Kemudahan Investasi Reksadana Pendapatan Tetap

Dari pengertian reksadana pendapatan tetap di atas, kita lanjutkan pembahasan mengenai kemudahan investasi reksadana pendapatan tetap.Reksadana jeni sini bisa dibeli melalui situs online ataupun offline langsung di gerai agen. Tentunya di zaman yang serba teknologi ini orang akan lebih memilih kemudahan dalam segala aktivitasnya. 
 
Secara, saat ini jika ingin makan saja bisa duduk manis menonton tv kemudian makanan akan datang menghampiri. Mau membeli baju yang disuka tidak perlu lagi harus berkeliling ria masuk mall dan membuat kaki keram karena lelah, belum lagi mengantre untuk membayarnya. Kini, hanya dengan menggenggam layar berukuran beberapa inci dan dengan sentuhan tangan mata sudah bening melihat segala apa yang diinginkan. 
 
Karena itu, reksadana juga memberikan kemudahan dalam pembelian secara online yang bisa dibeli melalui berbagai platform seperti Bibit, Ipotfund, Bareksa, Ajaib, bahkan marketplace seperti bukalapak, shopee, tokopedia, bahkan ada yang menjadi agen penjual reksadana mencari investor melalui twitter.
 
Demikianlah, pengertian reksadana pendapatan tetap mungkin akan membuatmu tertarik untuk menjadi investor reksadana. Kamu tinggal datang ke salah satu agen penjual reksadana dan membuka rekening untuk membeli reksadana kemudian menyerahkan manajemen investasi kepada manajer investasi.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *