reksadana saham

Belajar tentang Reksadana Saham

Artikel Blog Tangangatel ini akan menjelaskan reksadana saham secara umum. Selamat membaca.
 
Di era milenial seperti saat ini, selain berpenghasilan aktif, banyak orang yang menginginkan penghasilan pasif. Ada banyak cara untuk bisa mempunyai penghasilan pasif, salah satunya adalah dengan berinvesatsi. Dari berbagai macam investasi, salah satu investasi yang cukup menggiurkan dan relatif aman adalah reksadana. Reksadana pun ada beragam jenisnya yaitu: Reksadana Pasar Uang, Reksadana Pendapatan Tetap, Reksadana Dana Terproteksi, Reksadana Campuran, Reksadana Indeks, dan Reksadana Saham. Dari beberapa jenis reksadana, keuntungan tertinggi adalah pada reksadana saham. Nah sebelum mencoba, ada baiknya kamu perlu tahu pengertian reksadana saham.
 

Pengertian Reksadana Saham

Sebelum membahas lebih detail tentang pengertian reksadana saham, terlebih dulu pahami tentang reksadana. Reksadana adalah wadah untuk menghimpun uang dari masyarakat atau pemodal yang selanjutnya diinvestasikan dan dikelola oleh manajer investasi (MI) secara profesional. Salah satu kelebihan reksadana adalah bisa dijadikan pilihan investasi bagi pemula, terutama bagi yang terbatas waktu dan keahlian untuk mengurus segala macam hal tentang investasi. Karena, dalam reksdana yang bertugas mengurus dan membuat laporan periodik kepada para pemodal adalah manajer investasi. Bagi yang bertanya-tanya tentang legalitasnya, reksadana diatur oleh UU Pasar Modal No. 8 tahun 1995. Selain itu reksadana juga diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).
 
Adapun pengertian reksadana saham adalah salah satu produk reksadana yang diinvestasikan pada portofolio saham. Manajer investasi bertugas mengelola portofolio tersebut dengan cara membeli dan menjual saham. Keuntungan didapat dari naik turunnya harga saham. Reksadana saham mempunyai risiko paling tinggi dibanding jenis reksadana lain. Namun, keuntungannya juga paling besar karena pasar saham sangat fluktuatif. Seperti kita ketahui bersama, semakin tinggi keuntungan, semakin tinggi pula resikonya. Bagi kamu yang menyukai tantangan dan berani mengambil resiko, investasi reksadana saham sangat cocok. Adapun jangka waktunya cukup panjang dibanding reksadana jenis lain, yaitu lebih dari  lima tahun. 
 

Perbedaan Saham dan Reksadana Saham

Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa reksadana saham dan saham berbeda. Meski demikian, keduanya sama-sama instrumen investasi yang tentu saja bertujuan memberikan keuntungan bagi pemodal atau investor.
 
– Reksadana saham
Di atasa sudah dijelaskan mengenai pengertian reksadana saham, yaitu investasi yang dikelola oleh manajer investasi.
 
– Saham
Adapun investasi saham, dikelola oleh diri sendiri atau pribadi.
Dengan perbedaan tersebut, tentu untuk reksadana saham dikenai fee manajer investasi. Keuntungannya salah satunya adalah para pemodal tidak perlu mempunyai keahlian khusus dalam mengelola unit atau saham. Cukup percayakan pada manajer investasi.

Tempat Membeli Reksadana Saham

Jika dulu banyak yang berpikiran bahwa reksadana ribet dan aksesnya susah, sekarang mudah ditemukan. Sejak manajer investasi menggandeng perbankan dalam distribusi reksadana, kamu hanya perlu mendatangi bank yang bekerjasama dengan manajer investasi dan kamu bisa membelinya di kantor cabang bank tersebut. Saat ini, banyak bank besar yang sudah bekerjasama dengan manajer investasi. Selain bank, e-commerce pun sudah menyediakan produk reksadana lho.
 
Nah, demikian penjelasan singkat mengenai pengertian reksadana saham. Bagi kamu yang ingin menyisihkan uang dan berivestasi dengan tujuan jangka panjang serta berani mengambil resiko, maka reksadana saham ini sangat cocok. Kamu berani?

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *