Mengenal Jenis-Jenis Logam Mulia Antam Dan UBS - Blog Tangan Gatel
tahukah kamu tentang jenis-jenis logam mulia (antam dan ubs) yang ada di pasaran?

Mengenal Jenis-Jenis Logam Mulia Antam Dan UBS

Tahukah kamu tentang jenis-jenis logam mulia (antam dan ubs) yang ada di pasaran?
Jika membahas soal investasi, maka yang pertama kali terlintas di dalam pikiran adalah logam mulia atau emas murni. Pasalnya, investasi ini sangat mudah dilakukan, baik untuk pemain lawas maupun pemula. Selain itu, logam mulia lebih minim risiko, jika dibandingkan dengan jenis investasi lain. Sehingga wajar saja, jika logam mulia kini mulai dilirik oleh para pemula dan pemuda. Namun, apa saja jenis-jenis logam mulia (antam dan ubs) dan mana yang lebih unggul?
Secara umum, masyarakat Indonesia mengenal emas dalam bentuk perhiasan. Emas murni atau emas batangan, masih dianggap terlalu tinggi. Padahal, kini kedua jenis tersebut bisa didapatkan dengan sama mudahnya. Tinggal datang ke tempat yang terpecaya, maka emas pun berada di genggaman.
Baca Juga:
Sebenarnya, saat ini sudah ada beberapa merk gold bar yang ada di pasaran. Namun, ada dua merek yang sedang booming di Indonesia, yaitu antam dan UBS. Kedua merek ini sama-sama menguntungkan, apalagi jika dikumpulkan dalam jumlah banyak. Namun, apa saja yang menjadi perbedaan dari keduanya? Berikut ulasannya :

a. Authorized

Logam Mulia Antam dikeluarkan resmi oleh perusahaan negara yang bernama PT Aneka Tambang, tbk atau yang biasa disingkat menjadi ANTAM. Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1968. Sementara untuk UBS dikeluarkan oleh PT Untung Bersama Sejarah (swasta) yang berdiri sejak tahun 1981.

b. Sertifikat

Baik emas keluaran Antam maupun UBS, keduanya sama-sama dibekali dengan sertifikat resmi dari perusahaan. Perbedaannya, sertifikat Antam telah memenuhi standar LBMA (London Bullion Market Association), sehingga dapat dijual di negara mana pun. Sementara sertifikat emas UBS hanya berlaku dalam ranah pasar nasional saja.

c. Dimensi Produk

Secara umum, penampakan keping emas Antam terlihat lebih kecil dan tebal. Sementara emas UBS terlihat lebih besar dan lebar. Namun jangan risau, karena kadar emasnya sama diangka 99,99%.

d. Segel atau Kemasan

Baik antam atau UBS, keduanya dikemas dalam bentuk plastik press yang dilaminasi. Untuk antam, kartu berbentuk simcard hanya tersedia untuk emas dalam satuan 50 dan 100 gram saja. Selebihnya hanya kartu di dalam plastik. Sedangkan UBS semua menggunakan sertifikat simcard, sehingga lebih aman dan tahan lama.

e. Harga dan Likuiditas

Harga jual atau beli antam terdapat selisih harga antara emas produksi tahun lama dengan yang baru. Sementara untuk UBS tidak ada perbedaan harga, karena tidak dicantumkan tahun pembuatan. Namun, keduanya sama-sama memiliki likuiditas yang tinggi. Artinya, sangat mudah untuk dijual lagi.
Demikian ulasan singkat mengenai jenis-jenis logam mulia (antam dan ubs), terutama untuk antam dan UBS. Pada dasarnya, perbedaan kedua gold bar ini tidaklah banyak. Hanya dari segi penampilan saja, selebihnya kedua logam mulia ini tetap sama-sama bagus. Terutama untuk mengamankan keuangan dari laju inflasi. Semoga bermanfaat dan semakin semangat untuk berinvestasi.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *