pengertian dan cara kerja asuransi

Asuransi: Pengertian, Cara Kerja, dan Alur Kerjanya

Dalam artikel ini kita akan membahas tentang asuransi yang meliputi pengertian, cara kerja, dan alur kerjanya. Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat membaca.

Pengertian Asuransi

Asuransi adalah perjanjian hukum antara dua pihak yaitu perusahaan asuransi (penanggung) dan nasabah (tertanggung). Dalam hal ini, perusahaan asuransi berjanji untuk mengganti kerugian tertanggung atas terjadinya kontinjensi yang dipertanggungkan.

Kontinjensi adalah peristiwa yang mungkin terjadi di masa depan. Disebut kontingensi karena ada ketidakpastian terkait kejadian tersebut. Tertanggung membayar premi sebagai imbalan atas janji yang dibuat oleh perusahaan asuransi.

Baca Juga: Tips Menabung dengan Gaji Kecil

Bagaimana Cara Kerja Asuransi?

Setelah mengetahui pengertian asuransi, penting bagi Anda untuk memahami bagaimana cara kerja asuransi. Setelah yakin memilih asuransi, penanggung dan tertanggung kemudian membuat polis asuransi sebagai tanda persetujuan kontrak secara hukum.

Polis asuransi adalah kontrak hukum antara perusahaan asuransi dan nasabah. Kontrak tersebut menetapkan syarat dan ketentuan di mana Anda setuju untuk membayar premi kepada perusahaan asuransi. Begitu juga dengan perusahaan asuransi yang setuju untuk memberi kompensasi kepada Anda atas kerugian yang tidak terduga.

Dengan asuransi, Anda memilih apa yang ingin Anda proteksi. Kemudian perusahaan asuransi Anda menghitung risiko tentang peristiwa yang diasuransikan (jika nanti akan terjadi) dan penyedia asuransi atau penanggung akan menentukan harga yang harus Anda bayarkan (premi Anda).

Alur Kerja Asuransi

Ada beberapa langkah untuk mengetahui bagaimana cara kerja Asuransi. Untuk informasinya, sebagai berikut ini:

1. Memilih Jenis Asuransi yang Tepat

Polis asuransi adalah dokumen yang mencantumkan dengan tepat apa yang Anda dilindungi atau tidak. Ada beberapa jenis asuransi mulai dari asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kecelakaan, asuransi rumah, hingga asuransi perjalanan.

2. Pembayaran Premi Asuransi

Baca Juga: 7 Keuntungan Menabung di Bank

Premi asuransi adalah sejumlah uang yang Anda bayarkan untuk polis asuransi. Premi asuransi akan bervariasi tergantung pada jenis pertanggungan yang Anda pilih, serta resikonya.

Perusahaan asuransi menawarkan pilihan yang berbeda ketika Anda membeli polis asuransi. Semakin banyak pertanggungan yang Anda dapatkan, atau semakin luas pertanggungan yang Anda pilih, semakin tinggi premi asuransi Anda.

Riwayat asuransi, tempat tinggal, dan faktor kehidupan Anda lainnya digunakan sebagai bagian dari perhitungan untuk menentukan premi asuransi yang akan dikenakan. Setiap perusahaan asuransi menggunakan kriteria pemeringkatan yang berbeda.

3. Pengajuan Klaim Asuransi

Klaim asuransi adalah permintaan formal pemegang polis kepada perusahaan asuransi untuk perlindungan atau kompensasi atas kerugian atau peristiwa polis yang ditanggung.

Perusahaan asuransi memeriksa apakah kejadian tersebut tercakup dalam polis atau tidak. Jika disetujui, perusahaan asuransi akan mengeluarkan pembayaran kepada nasabah atau pihak ketiga yang disetujui atas nama tertanggung.

Klaim asuransi mencakup banyak hal mulai dari pemeriksaan kesehatan rutin dan komprehensif hingga pertanggungan biaya kematian pada polis asuransi jiwa. Dalam beberapa kasus, pihak ketiga boleh mengajukan klaim atas nama tertanggung asuransi. Namun, pada sebagian besar kasus, hanya orang yang terdaftar di polis yang berhak mengklaim pembayaran.

Mengetahui pengertian asuransi dan cara kerja asuransi menjadi hal penting terutama bagi orang awam di dunia asuransi. Di samping itu, ada baiknya juga memahami kebijakan perusahaan asuransi sebelum memutuskan untuk membeli polis asuransi.

Demikian informasi yang bisa kami berikan. Jangan lupa bagikan informasi dalam artikel ini jika menurut Anda artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di artikel seputar keuangan lainnya ya.

Baca Info Lainnya