Pengertian dan Jenis Kartu Debit yang Perlu Diketahui - Blog Tangan Gatel
apa sih pengertian dan jenis kartu debit tersebut ya.

Pengertian dan Jenis Kartu Debit yang Perlu Diketahui

Pengertian dan jenis kartu debit menjadi hal yang harus Anda ketahui dalam transaksi keuangan Anda. Di era digital, semua sudah canggih termasuk dalam keuangan. Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan kartu debit. Apakah Anda sudah tahu apa itu kartu debit dan jenis-jenisnya? Kalau belum, mari kita bahas!

Kartu debit adalah kartu yang diterbitkan oleh bank. Kartu debit memungkinkan Anda melakukan pembelian di toko fisik maupun toko online dengan mudah dan aman. Selain itu, Anda juga dapat menarik uang secara langsung dari rekening Anda melalui mesin ATM.

Baca Juga:

Bagaimana Sejarah P2P Lending Terbentuk

Platform Tabungan Emas Terbaik

Anda hanya dapat memiliki kartu debit jika Anda membuka rekening di bank. Saat Anda menggunakan kartu untuk membeli sesuatu seperti dengan menggeseknya di kasir atau memasukkan nomor rekeningnya di online shop, uang ditarik langsung dari rekening Anda dan otomatis mengurangi saldo Anda.

Biasanya setiap bank memiliki jenis kartu debit masing-masing. Namun, pada umumnya kartu debit itu sama misalnya seperti Visa, MasterCard, EMV, dan lain-lain. Berikut ini adalah pengertian dan jenis kartu debit yang perlu Anda ketahui:

1. Visa

Visa adalah jaringan pemrosesan terkemuka dan kartunya diterima oleh bisnis di lebih dari 200 negara di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, banyak bank mengeluarkan kartu debit berlogo visa.

Kartu Visa merupakan kartu pembayaran yang menggunakan jaringan Visa. Semua kartu Visa dilengkapi dengan 16 digit nomor unik yang dicetak atau di embos di bagian depan kartu bersama dengan microchip. Hal tersebut bertujuan untuk melindungi pemegang kartu dari penipuan.

Ciri kartu debit visa lainnya yakni adanya garis magnet di bagian belakang bersama dengan panel untuk tanda tangan pemegang kartu. Ada beberapa jenis kartu visa seperti kartu kredit, kartu debit, dan kartu prabayar.

2. MasterCard

MasterCard merupakan jaringan pembayaran terbesar kedua dalam industri pembayaran global setelah visa. MasterCard juga bermitra dengan lembaga keuangan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Kartu debit MasterCard dapat digunakan di seluruh dunia. Meskipun Anda bepergian ke luar negeri, tidak ada masalah menggunakan kartu MasterCard Anda untuk melakukan pembelian. Anda juga dapat menarik uang tunai Anda dari ATM yang berlogo MasterCard.

Singkatnya pengertian dan jenis kartu debit MasterCard adalah kartu pembayaran yang memotong uang langsung dari rekening Anda. Ya, fungsinya sama seperti kartu debit pada umumnya.

3. EMV

EMV adalah singkatan dari Europay International, MasterCard dan Visa. EMV menggunakan keamanan yang sangat ketat. Hal ini membantu menghentikan pembayaran palsu dan penipuan.

Dibanding strip magnetik, EMV lebih memilih menggunakan chip mikroprosesor yang tertanam di kartu. Kartu EMV dapat berupa kartu debit atau kartu kredit dan sering disebut sebagai kartu chip atau kartu pintar.

Kartu EMV memberikan verifikasi pemegang kartu yang lebih aman. Hal tersebut membuat kartu EMV hampir tidak mungkin untuk dipalsukan. Kartu EMV juga memvalidasi keaslian setiap transaksi dengan tanda tangan digital yang unik.

Sudah tahu pengertian dan jenis kartu debit kan? kurang lebihnya seperti itu. Jadi, saat Anda ingin membuka rekening, Anda sudah memiliki gambaran ingin memilih jenis kartu debit yang mana.

Masih tidak paham? jangan khawatir, customer service bank pasti menjelaskan pengertian dan jenis kartu debit secara detail, sehingga Anda akan semakin memudah dalam menentukan kartu yang tepat untuk Anda.

Related Posts