jenis kartu kredit

Pengertian dan Jenis Kartu Kredit Yang Perlu Diketahui

Ingin membuat kartu kredit? Jika iya, penting untuk mengetahui pengertian dan jenis kartu kredit. Kartu kredit menjadi alternatif yang dapat membantu Anda meminjam uang, membantu kebutuhan keuangan dalam keadaan darurat, dan membangun riwayat kredit yang baik.

Pengertian Kartu Kredit

Kartu kredit merupakan kartu yang dikeluarkan oleh bank maupun lembaga keuangan lainnya, yang memungkinkan Anda untuk melakukan pembelian dengan meminjam uang hingga batas yang ditentukan. Batas kredit Anda adalah jumlah limit maksimum yang dapat Anda pinjam.

Baca Juga:

Tips Investasi Online yang Aman dan Terpercaya

Belajar Mengenal Investasi Syariah

Anda dapat menggunakan kartu kredit untuk berbagai keperluan seperti untuk melakukan pembelian, mentransfer saldo, penarikan tunai, dan sebagainya. Penerbit kartu kredit memberi Anda waktu tertentu untuk membayar kembali seluruh jumlah yang telah Anda pinjam beserta suka bunga.

Selain bunga perbulan, biasanya ada juga suku bunga tahunan yang harus ditanggung pemegang kartu kredit. Suku bunga adalah bunga tahunan yang Anda bayarkan untuk meminjam uang pada kartu kredit Anda. Suku bunga umumnya didasarkan pada suku bunga pasar, riwayat kredit Anda, dan jenis kartu kredit yang Anda miliki.

Jenis Kartu Kredit

Setelah mengetahui pengertian kartu kredit, selanjutnya ada beberapa jenis kartu kredit yang perlu Anda ketahui. Informasi disini diharapkan bisa menjadi acuan Anda dalam memilih kartu kredit nantinya.

Nah, berikut ini adalah beberapa pengertian dan jenis kartu kredit:

1. Kartu Kredit Reward

Seperti namanya, kartu kredit rewards menawarkan reward atas pembelian dengan kartu kredit. Ada tiga jenis dasar kartu reward seperti cashback, poin, dan perjalanan. Beberapa orang lebih menyukai fleksibilitas rewards cashback, sementara yang lain menyukai poin yang dapat ditukar dengan uang tunai atau barang lainnya. Wah, kalau kartu kredit seperti ini sebenarnya cocok buat yang suka mengincar promo gitu sih. Tapi, perlu diperhatikan juga ya kemampuan untuk membayarnya nanti.

Meski begitu, kartu rewards perjalanan tetap menjadi favorit di antara wisatawan yang sering bepergian. Dengan kartu kredit rewards perjalanan, Anda berkesempatan untuk mendapatkan tiket pesawat gratis, menginap di hotel, dan fasilitas perjalanan lainnya.

2. Kartu Kredit Bisnis

Kartu kredit bisnis dirancang khusus untuk penggunaan bisnis. Kartu kredit jenis ini tersedia untuk bisnis dari semua ukuran. Selain itu, kartu kredit bisnis juga dapat membantu pengusaha membangun profil kredit untuk meningkatkan persyaratan pinjaman di masa depan.

Kartu kredit bisnis biasanya memiliki tingkat bunga yang sedikit lebih tinggi daripada pinjaman tradisional. Alasannya, utang kartu kredit biasanya tanpa jaminan, yang berarti risiko lebih tinggi bagi pemberi pinjaman.

3. Secured Credit Cards

Secured Credit Cards adalah jenis kartu kredit yang didukung dengan setoran tunai dari pemegang kartu. Deposit ini bertindak sebagai jaminan di rekening, sehingga memberikan keamanan kepada penerbit kartu jika pemegang kartu gagal atau tidak mampu melakukan pembayaran.

Selain sebagai simpanan, Secured Credit Cards berfungsi sama seperti kartu kredit biasa. Biasanya kartu kredit jenis ini ditujukan untuk orang-orang dengan riwayat kredit yang buruk atau riwayat kredit yang sangat sedikit.

4. Kartu Kredit Subprima

Jenis kartu kredit subprima adalah salah satu produk kartu kredit terburuk. Kartu kredit ini ditujukan untuk orang yang memiliki riwayat kredit buruk dan kartu ini biasanya memiliki tingkat suku bunga dan biaya yang tinggi.

Meskipun kartu kredit subprime mempunyai resiko yang tinggi, beberapa konsumen tetap mengajukan permohonan kartu kredit subprime karena mereka tidak punya pilihan lain. Sebaiknya pertimbangkan baik-baik jika Anda ingin mengambil kartu kredit jenis ini.

Semoga informasi pengertian dan jenis kartu kredit ini dapat bermanfaat, terutama bagi Anda yang sedang mencari tahu seputar kartu kredit. Sebenarnya masih banyak jenis kartu kredit lainnya. Untuk lebih jelasnya, mungkin Anda bisa bertanya kepada customer service penerbit kartu kredit.

Terima kasih sudah mau meluangkan waktu membaca artikel keuangan dari blog Tangangatel. Jika informasi dalam artikel ini bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman atau kerabat kamu ya. Sampai jumpa di artikel lainnya.

Related Posts