Lantas, apa pengertian deposito online dan kelebihannya? Simak penjelasannya di artikel berikut ini.
Generasi milenial identik dengan dinamika kehidupan yang sangat cepat, yakni memanfaatkan waktu yang ada untuk mencapai tujuan dengan maksimal. Hal ini yang menyebabkan milenialis lebih multitalenta dan menyukai sesuatu yang praktis. Oleh karena itu, banyak hal yang mulai berinovasi untuk memberikan kemudahan, seperti deposit online. Keberadaannya benar-benar bisa menjadi solusi bagi pemuda yang ingin berinvestasi. Lantas, apa pengertian deposito online dan kelebihannya? 
 
Pada dasarnya, pengertian deposito online sama dengan deposit konvensional, hanya saja sudah dikolaborasikan dengan dunia digital. Hal ini yang menjadikan deposit semakin dilirik oleh masyarakat Indonesia. Padahal sebelumnya, jenis tabungan yang satu ini kurang populer. Karena prosesnya yang cukup ribet, baik saat pembukaan maupun penarikan dana. Namun, semua itu tak akan dirasakan lagi, karena konsep perubahan ini memiliki banyak kelebihan. Seperti : 
 

1. Pembukaan dan Penutupan Tabungan Lebih Praktis 

Dengan adanya basis digital yang melekat pada pengertian deposito online, maka proses pembukaan serta penutupan deposito online menjadi lebih praktis. Karena bisa dilakukan di mana saja, tanpa harus datang ke bank secara langsung. Cukup mengunjungi website atau log in di aplikasi bank terpilih, lalu isi formulir pembukaan yang sudah disediakan. Begitu juga dengan penutupan rekening atau penarikan dana deposito, nasabah juga bisa melakukannya via online. Semua perinciannya bisa diakses melalui website atau aplikasi bank terpilih. 

2. Nominal Tabungan Beragam 

Memiliki cita-cita di masa depan yang membutuhkan dana besar? Deposito bisa dijadikan teman terbaik untuk merencanakan keuangan. Karena dengan deposito online, nasabah bisa menentukan nominal setoran (tabungan) per bulannya. Sehingga kondisi finansial pun tidak akan mengalami banyak perubahan, sampai masa jatuh tempo tiba. Oleh karena itu, lakukan penghitungan yang jelas dan gamblang, sebelum membuat keputusan. 

3. Penentuan Tenor 

Perubahan yang menyertai pengertian deposito online adalah penentuan tenor (jangka waktu jatuh tempo). Saat ini, tenor dalam deposito tidak hanya tersedia dalam jangka waktu selama bertahun-tahun. Namun, sudah ada pilihan untuk tenor 1bulan, 3bulan, 6bulan, 12bulan, dan seterusnya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pilihlah tenor yang agak lama. Sebab, semakin lama tenor yang dipilih, maka akan semakin besar hasil yang didapatkan. 

4. Hasil yang Besar 

Deposito merupakan salah satu jenis tabungan yang bergerak dengan sistem investasi. Keuntungan yang didapatkan bukan berupa bunga, melainkan sistem bagi hasil. Sebab, uang tabungan akan digunakan untuk membiayai (berinvestasi) di perusahaan-perusahaan. Sehingga keuntungan yang diperoleh nasabah akan jauh lebih besar daripada tabungan konvensional. Sedangkan besaran atau persentasenya juga bergantung pada sistem deposito yang diambil. 
 
Sayang, di balik beberapa kelebihan tersebut, pengertian deposito online juga membawa kekurangan. Yakni belum banyak bank yang menyediakan layanan tersebut, hingga riskan terhadap hacking, phising, maupun error system. Oleh karena itu, pastikan sudah konsultasi terlebih dahulu dengan customer service atau orang yang lebih berpengalaman dalam dunia deposito. Apa pun pilihan yang kamu putuskan, menabung adalah cara terbaik untuk merencanakan masa depan yang mapan.

Related Posts

0 thoughts on “Pengertian Deposito Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *