Simak artikel tentang pengertian deposito dan bagaimana cara kerjanya berikut ini.

Pengertian Deposito Yang Harus Kamu Pahami

Simak artikel tentang pengertian deposito dan bagaimana cara kerjanya berikut ini.
Sangat penting untukmu mengelola keuangan dengan disertai pertimbangan dan perencanaan yang matang. Kamu harus menyiasati dana yang kamu miliki saat ini dari inflasi yang pasti selalu terjadi setiap tahun. Selain dengan menabung kamu juga bisa mencoba salah satu instrument investasi deposito. Keuntungan yang ditawarkan dari deposito adalah suku bunga yang relatif tinggi dibandingkan dengan tabungan biasa.

Resiko yang kamu hadapi juga terbilang minim dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya. Namun, sebelum kamu memutuskan untuk mendepositokan uangmu, sebaiknya kamu mengetahui serta memahami terlebih dahulu segala informasi seputar deposito.

Apa Pengertian Deposito?

Secara umum, pengertian deposito adalah produk penyimpanan uang yang memiliki ketentuan penarikan dengan jangka waktu tertentu yang telah disepakati oleh nasabah dan bank. Walaupun dana yang disetorkan hanya dapat ditarik setelah jangka waktu tertentu, deposito memiliki keunggulan dibandingkan dengan rekening tabungan biasa. Suku bunga yang ditawarkan oleh bank untuk deposito lebih kompetitif daripada tabungan biasa.
Deposito tidak hanya dapat disimpan dalam bentuk rupiah loh. Simpanan berjangka ini dapat berupa valas (Valuta Asing) atau dikenal dengan nama deposito valas. Oh iya, kamu juga harus tahu kalau bunga depositomu hanya akan dibayarkan pada akhir periode investasi. Berbeda dengan rekening tabungan biasa, bukan? Di mana bunganya dihitung tiap hari dan biasanya dibayarkan setiap akhir bulan. Karena jangka waktu dan suku bunga yang tetap itulah, kamu bisa dengan mudah menghitung jumlah bunga yang akan kamu terima pada akhir periode investasi deposito.

Bagaimana Cara Kerja Deposito?

Setelah mengetahui penjelasan dari apa pengertian deposito, selanjutnya kamu harus tahu cara kerja deposito. Dalam deposito, salah satu karakteristik yang paling lazim adalah uang tidak bisa ditarik selama jangka waktu tertentu. Ketika kamu berinvestasi dalam deposito, kamu biasanya akan diminta untuk memilih tenor atau jangka waktu, Jangka waktu yang diberikan bank biasanya bervariasi, mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, hingga 2 tahun. Tiap jangka waktu disertai suku bunga yang telah ditentukan.
Bank biasanya mencantumkan suku bunga deposito mereka dalam bentuk tabel, dimana suku Bungan deposito dengan tenor 1 bulan sebesar 5,6% sedangkan untuk jangka waktu lainnya sebesar 5,9 %. Angka tersebut biasa saja berbeda di setiap bank. Namun sesuai dengan kebijakan Bank Indonesia, angka terbesar untuk bunga deposito adalah 6,9% yang berasal dari bank ICBC.
Jadi, kalau kamu memilih berinvestasi dalam deposito berjangka 3 bulan, maka kamu akan memperoleh suku bunga 5,9% per tahun pada saat jatuh tempo (akhir bulan ke-3). Namun, jika kamu memutuskan untuk menarik uang yang telah kamu depositokan sebelum jangka waktu yang disepakati berakhir, beberapa bank akan memintamu membayar pinalti atau depositomu akan dikenai sejumlah potongan.
Nah, demikianlah pengertian deposito dan bagaimana cara kerjanya. Gimana? Apa kamu mulai tertarik untuk berinvestasi deposito juga?

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *