pengertian p2p lending
Peer to Peer Lending atau biasa disingkat menjadi P2P Lending. Pengertian P2P Lending adalah wadah yang menghubungkan antara peminjam uang (orang yang membutuhkan pinjaman) dengan orang yang meminjamkan uang (pemilik dana sebagai pemberi pinjaman).
Meminjam uang kini bukanlah perkara sulit. Jika dulu mencari pinjaman sangat sulit karena minimnya orang yang mau meminjamkan uang, namun seiring berkembangnya zaman, justru mencari pinjaman bukanlah hal yang sulit. Seperti platform satu ini yakni P2P Lending.
P2P Lending seperti halnya platform yang ada pada market place. Dalam hal ini P2P Lending bertindak seperti perantara yang menghubungan diantara keduannya. Berikut informasi lebih lanjut seputar P2P Lending.

Hal yang Berkaitan dengan Pengertian P2P Lending

Dibanding mengajukan pinjaman pada lembaga resmi seperti bank, koperasi, jasa kredit dan berbagai lembaga yang melayani pinjaman. Tentu P2P Lending sifatnya lebih fleksibel dan kemungkinan diterima pengajuan peminjaman dana jauh lebih besar jika memang dirasa cocok oleh pihak P2P Lending. Hanya melalui online peminjam dana dapat dengan mudah mengajukan data diri lengkap disertai besar pinjaman yang diinginkan dan tujuan meminjam dana dalam rangka untuk apa.
Dalam hal ini pihak P2P Lending yang akan menyeleksi apakah orang tersebut layak mendapatkan pinjaman atau tidak. Kalaupun ditolak, peminjam dapat memperbarui data yang menjadi sebab permohonan peminjaman ditolak.
Tentu P2P Lending tidak serta merta langsung meloloskan, namun setelah melakukan survey kecil-kecilan apakah memang orang yang meminjam tersebut layak untuk mendapatan pinjaman. Jika memang diterima maka dapat menunggu pinjaman tersebut ditransfer. Untuk teknis cara pengembalian, maka pihak peminjam cukup mengembalikan uang secara berkala yang telah disepakati dengan pihak P2P Lending.
Dari segi pemberi pinjaman juga mendapatkan nilai lebih, yakni jika memiliki kelebihan uang, maka uang tersebut dapat diputar melalui P2P Lending. Tentu akan ada suku bunga yang diberikan pada pemberi dana sebagai wujud kerja sama yang baik dan saling tolong menolong.
Sebelum menyetujui memberikan pijaman dana tentu pihak pemberi pinjaman juga dapat ikut menyeleksi orang yang mau peminjam dana dengan cara membaca data orang yang mau mengajukan pinjaman disertai alasan meminjamnya. Pemberi pinjaman tak perlu khaatir karena dalam hal ini ada pihak P2P Lending yang membantu proses berjalannya kegiatan ini.
Secara pengertian P2P Lending dapat dilakukan untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan bisnis. Banyak dari kalangan peminjam dana atau pemberi dana yang bertemu karena wadah P2P Lending. Banyak kini yang memanfaatkan adanya platform ini untuk mengembangkan bisnisnya karena telah menemukan pihak pemberi dana. Sistem yang digunakan efektif guna memberikan solusi bagi semua orang yang merasa butuh dana dan pihak investor.
Demikian informasi seputar pengertian P2P Lending dan segala yang berkaitan dengan hal tersebut. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk semua dan menjadikan salah satu solusi untuk masalah keuangan. Adanya P2P Lending dapat dimanfaatkan dalam rangka saling tolong menolong dan saling memberikan keuntungan satu dengan yang lain.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *