Apa itu Reksadana Campuran? - Blog Tangan Gatel
reksadana campuran
Artikel Blog Tangangatel ini akan menjelaskan reksadana campuran. Selamat membaca.
Ketika akan melakukan investasi, seringkali bingung memilih terutama bagi Anda pertama kalinya investasi. Sebagai pemula bisa melakukan investasi reksadana. Dan yang bisa dipilih adalah reksadana campuran. Sebenarnya ada empat macam investasi reksadana, yaitu reksadana saham, obligasi, pasar uang, dan campuran. Dan reksadana campuran adalah perpaduan antara ketiganya. Sebelum terjun untuk berinvestasi, ketahui dulu pengertian reksadana campuran serta keuntungan dan kerugiannya.

Pengertian reksadana campuran, keuntungan dan kerugiannya

Reksadana campuran sering disebut dengan hybridfunds. Reksadana campuran adalah reksadana yang terdiri gabungan antara reksadana saham, pasar uang, dan obligasi. Porsi gabungan tersebut merupakan kombinasi dengan presentasi tidak lebih dari 79% dari nilai aktiva bersih. Untuk lebih memahami pengertian reksadana campuran, ada beberapa indikator yang bisa menjelaskan.

1. Karakteristik reksadana campuran

Investasi reksadana campuran cocok bagi Anda yang memiliki profil moderat. Yang mana porsi sahamnya bisa naik turun. Sehingga kedepannya lebih terprogram tujuannya.

2. Alokasi dilaksanakan oleh manajer inveatasi

Alokasi ini dilaksanakan oleh manajr investasi. Karena itu bisa memberikan godaan dalam melakukan godaan. Anda harus mengetahui penempatan investasi sesuai dengan perencanaan yang dibuat.

3. Reksadana campuran defensif

Pengertian reksadana campuran satu ini memiliki profil risiko yang lebih rendah. Namun memiliki komposisi penempatan yang lebih besar di pasar uang dan obligasi. Fokus obligasinya pun lebih rendah sehingga risikonya juga rendah. Selain itu reksadana ini juga melakukan penempatan pada saham. Investasi ini sesuai dengan Anda yang masih produktif tapi akan mengalami pensiun lima tahun mendatang.

4. Reksadana campuran berimbang

Melakukan penempatan relatif lebih seimbang, mulai dari obligasi, pasar saham, dan pasar uang. Reksadana campuran ini memiliki risiko yang tinggi, namun juga memberikan pengembalian yang tinggi juga.

5. Reksadana campuran agresif

Tingkat risiko reksadana ini lebih tinggi dari pada yang lain. Mayoritas penempatannya pada pasar saham. Penempatan obligasi dan pasar uang bisa meredam gejolak yang berlebih. Itu bisa dijadikan sebagai keuntungan ketika memakai reksadan campuran agresif.
Reksadana campuran cocok bagi Anda yang memiliki tujuan menengah panjang yaitu tujuan 3 sampai 5 tahun. Anda dapat memiliki investasi ini melalui beberapa cara. Yaitu perusahaan aset manajemen, dari bank, dan membeli secara online.
Setelah membahas pengertian reksadana campuran. Selanjutnya adalah ketahui keuntungan dan kerugian memakai reksadana campuran.
1. Keuntungan reksadana campuran
• Memiliki imbal balik yang lebih besar.
• Investasi sudah terdiversifikasi
• Investasi ini lebih aman

2. Kerugian reksadana campuran
• Tidak ada jaminan dari pemerintah
• Kinerja manajer investasi
• Nilai pasar yang bisa berubah
Itulah keuntungan, dan kerugian memakai reksadana ini. Yang penting ketika Anda melakukan investasi harus menyesuaikan dengan profil risiko dan tujuan. Disiplin dan bersikap dewasa dalam berpikir diperlukan ketika terjun dalam investasi. Tidak panik ketika harga reksadana anjlok, dan tidak terlalu girang ketika terjadi kenaikan.
Setelah mengetahui pengertian reksadana campuran. Tertarik berinvestasi reksadan ini? Meski kurang populer di Indonesia, tapi jika dilihat dari keuntungannya tidak akan menyurutkan Anda untuk investasi. Dengan alokasinya yang berbagai macam,  investasi yang Anda miliki sudah terdiversifikasi. Tentunya memperkecil risiko yang mungkin terjadi dan mencegah Anda besikap kalap. Sehingga keputusan yang Anda ambil lebih bijak.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *