Apa itu Reksadana Pasar Uang? - Blog Tangan Gatel
reksadana pasar uang

Apa itu Reksadana Pasar Uang?

Artikel Blog Tangangatel ini akan menjelaskan reksadana pasar uang. Selamat membaca.
Investasi menjadi pilihan banyak orang karena keuntungan yang dihasilkan jauh lebih besar dibanding menabung di bank. Sebuah prinsip dalam investasi yakni, “high risk, high return”. Dimana semakin besar dana yang diinvestasikan, semakin tinggi resiko yang akan ditanggung investor. Namun keuntungannya juga tentu lebih besar. Jadi, investasi apa yang resikonya kecil dan kentunggannya pasti? Kali ini akan dibahas mengenai pengertian reksadana pasar uang, salah satu jenis investasi dengan resiko kecil dan bisa dicoba para pemula.

Pengertian Reksadana Pasar Uang, Apa Itu?

Reksadana berarti wadah menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk diinvestasikan. Pengertian reksadana pasar uang adalah salah satu jenis reksadana yang menginvestasikan 100 persen uang pada instrumen pasar uang. Instrumen pasar uang seperti surat berharga yang jatuh temponya di bawah satu tahun. Instrument Pasar Uang termasuk Sertifikat Bank Indonesia (SBI), Deposito Berjangka, Obligasi, Sukuk Ritel dan Surat Utang yang diterbitkan negara atau korporasi yang jatuh temponya kurang dari 1 tahun.

Mengapa Harus Berinvestasi ke Reksadana Pasar Uang?

Biasanya reksadana pasar uang ini disarankan untuk para pemula yang akan mulai berinvestasi. Reksadana pasar uang merupakan salah satu instrument investasi yang terbukti tetap stabil meski kondisi ekonomi global sedang goyah. Jadi, cocok untuk investor yang ingin berinvestasi dalam jangka pendek, stabil, dan lebih cepat mendapatkan keuntungan. Selain itu, proses pencairan pun lebih mudah, bisa kapan saja, tidak perlu menunggu jatuh tempo. Jadi, cocok juga untuk menyimpan dana darurat, uang tetap aman sekaligus mendapatkan keuntungan.

Bagaimana Cara Investasi Reksadana Pasar Uang?

Proses untuk berinvestasi di reksadana pasar uang cenderung mudah dan cepat. Hanya perlu membuka rekening di aplikasi milik manajer investasi, tidak sampai satu hari, sudah diverifikasi. Kemudian tinggal pilih produk reksa dana pasar uang yang ingin dibeli.

Sisi Lain Reksadana Pasar Uang

Meskipun banyak keuntungannya, namun beberapa hal berikut perlu diingat:
  • Reksadana merupakan instrumen investasi, berbeda dengan deposito yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Reksadana pasar uang tidak dijamin oleh lembaga mana pun.
  • Namanya investasi, pasti tetap akan ada resikonya. Salah satu yang mungkin terjadi adalah wanprestasi, yakni terjadi karena ada pihak yang tidak memenuhi janji. Namun, jumlah kerugian masih dibatasi, 10 persen dari total dana yang diinvestasikan sehingga kerugian tidak besar.
  • Nilai return-nya bersifat fluktuatif. Jika produk investasi yang dipilih kurang tepat, maka keuntungan yang didapat akan lebih rendah.

Kesimpulan dari Reksadana Pasar Uang

Ada baiknya sebelum melakukan investasi, pelajari terlebih dahulu jenis-jenis investasi, tentang kekurangan dan kelebihannya. Pilih yang paling pas dengan kondisi keuangan dan ambil yang resikonya paling kecil.
Pengertian reksadana pasar uang menjadi alternatif terbaik untuk langkah awal berinvestasi, apalagi sekedar untuk simpanan tabungan. Risikonya terbilang rendah dengan imbalan yang tergolong besar (sesuai dengan pilihan). Selain itu lebih mudah dalam pencairan, baik dari segi waktu dan prosesnya. Jadi, apakah kamu sudah siap mulai investasi?

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *