Pengertian Reksadana Syariah: Investasi Murah Penuh Berkah - Blog Tangan Gatel
reksadana syariah

Pengertian Reksadana Syariah: Investasi Murah Penuh Berkah

Salah satu cara investasi yang paling aman dan murah penuh berkah adalah melalui reksadana syariah. Jika sukses bisa dimulai dari sekarang, apa yang akan kamu lakukan? Kebanyakan anak muda berpikir bahwa untuk sukses harus bekerja keras, membanting tulang sejak terbit fajar hingga bulan merekah di tengah malam. Tentu saja hal itu benar. Namun ada cara lain yang lebih praktis untuk sukses: melalui investasi. Mau tahu lebih lanjut?

Pengertian Reksadana Syariah

Pengertian reksadana syariah tidak jauh berbeda dengan reksadana konvensional. Perbedaannya terletak pada prinsip transaksi yang digunakan. Reksadana syariah merupakan salah satu wadah investasi dari masyarakat pemodal yang dikelola oleh manajer investasi untuk diinvestasikan melalui portofolio efek yang sesuai dengan prinsip syariah.
Prinsip syariah inilah yang membedakan reksadana syariah dengan konvensional. Pada praktiknya, perbedaan ini menimbulkan sejumlah konsekuensi yang harus dipatuhi oleh pihak yang terlibat transaksi. Konsekuensi tersebut tercantum dalam kontrak perjanjian dan diawasi pelaksanaannya oleh DPS.

Jika pada reksadana konvensional pihak yang terlibat dalam proses transaksi keuangan hanyalah masyarakat pemodal dan manajer investasi. Maka pada reksadana syariah ada Dewan Pengawas Syariah (DPS) yang bertugas memastikan transaksi antara manajer investasi dengan masyarakat pemodal, dan pola pengelolaan investasi yang dilakukan oleh manajer investasi sesuai dengan prinsip syariah.

Prinsip syariah dalam proses investasi reksadana syariah diatur dalam Fatwa DSN MUI Nomor 20/DSN-MUI/IV/2001dan wajib dijalankan oleh semua pihak yang terlibat dalam kegiatan investasi ini. Salah satu konsekuensi penting dari fatwa ini adalah bahwa manajer investasi hanya boleh menginvestasikan dana pada efek syariah saja.
Selain itu, manajer investasi sebagai pengelola dana masyarakat pemodal juga bertugas untuk melaksanakan mekanisme pembersihan harta Non-Halal (cleansing). sehingga jika dalam proses pengelolaan dana investasi tersebut terdapat sumber dana non halal yang masuk, harus dibersihkan oleh manajer investasi.

Keuntungan Investasi Reksadana Syariah

Setelah memahami pengertian reksadana syariah, kita bahas lebih lanjut mengenai keuntungan investasi dalam reksadana syariah. Jika kamu belum memiliki banyak modal namun ingin mulai berinvestasi, atau takut merugi dengan risiko ketika investasi langsung di pasar modal, maka reksadana syariah dapat menjadi pilihan tepat

Investasi melalui reksadana syariah memiliki beberapa keuntungan sekaligus: pertama, jelas halal. Predikat halal ini penting bagi setiap muslim, agar harta yang diinvestasikan dan hasilnya nanti penuh berkah. Kehalalan proses transaksi dan pengelolaan keuangan harus dijaga oleh manajer investasi agar tidak ada pendapatan non halal yang tercampur dalam modal para investor.
Kedua, murah dan berkah. Hanya dengan 100 ribu rupiah, sudah bisa dijadikan nominal awal untuk membeli produk reksadana syariah. Kamu hanya perlu memilih jenis reksadana paling tepat dan jangka waktu investasi, disesuaikan dengan kemampuan finansial saat ini.
Pengertian reksadana syariah di atas tentu tidak hanya perlu dipahami, tapi juga harus dipreaktikkan agar semakin luas manfaat ilmu yang sudah dipelajari. Jadi, kapan kamu mau mulai membeli produk investasi murah penuh berkah ini?

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *