Pengertian Saham Sebagai Tabungan Milenial - Blog Tangan Gatel
pengertian saham

Pengertian Saham Sebagai Tabungan Milenial

Pemirsa televisi tentu tidak asing dengan running text yang sering muncul saat acara ekonomi atau bisnis ditayangkan. Biasanya, terdapat informasi mengenai indeks harga saham gabungan dan harga saham dari emiten yang menempati posisi volume transaksi tertinggi. Berita tersebut berupa angka, prosentase kenaikan atau penurunan, serta berbagai informasi bisnis lain. Apakah kamu sudah memahaminya? Jika belum, mari simak ulasan berikut mengenai pengertian saham dan potensinya sebagai tabungan investasi bagi milenial.

Saham merupakan salah satu bentuk investasi yang memiliki potensi keuntungan tinggi. Pernyataan ini diperkuat dengan fakta bahwa di seluruh dunia, pasar saham selalu dinamis dan tidak pernah kehilangan investor setiap harinya. Seorang investor saham berpotensi mendapat keuntungan tinggi dalam sekejap, sekaligus menanggung risiko mengalami kerugian dalam sekejap melalui transaksi saham. Inilah wujud nyata salah satu prinsip dalam investasi: high risk, high return.

Baca Juga:

Keuntungan dan Kerugian Investasi Saham

Cara Mulai Investasi Saham

Platform Investasi Terbaik

Jenis-jenis Saham

Pengertian saham

Secara umum pengertian saham adalah surat berharga yang menunjukkan kepemilikan investor atas sebuah perusahaan. Seseorang yang membeli saham perusahaan A, berarti memiliki perusahaan tersebut sesuai dengan prosentase saham yang dimilikinya. Semakin banyak saham yang dimiliki seseorang atas sebuah perusahaan, maka semakin besar prosentase kepemilikannya atas perusahaan tersebut.

Jika seseorang mendominasi kepemilikan sahamsebuah perusahaan, maka dapat dipastikan seseorang tersebut berhak mengendalikan perusahaan yang sahamnya dikuasai. Maka segala bentuk kebijakan dalam perusahaan tergantung pada pemilik saham. Jika kepemilikan saham merata atau dimiliki oleh banyak orang, maka kebijakan yang harus diambil oleh para pemegang saham dikuasai oleh beberapa pemegang saham paling dominan. Hal ini berarti hak seseorang atas sebuah perusahaan dapat ditentukan oleh besaran kepemilikan atas sahamnya.

Para pemilik saham kecil, umumnya tidak dapat mempengaruhi kebijakan dalam sebuah perusahaan. Kecuali ada kebijakan tertentu atau pihak tertentu yang menguasai sebuah perusahaan bukan karena sahamnya, tapi karena pengaruh dan kekuatan politik yang dimilikinya.

Pola transaksi saham

Transaksi saham yang terjadi di pasar modal sangat dinamis. Setiap detik saham aktif memiliki investor yang saling membeli atau menjual sahamnya. Semakin tinggi traffic transaksi sebuah saham, maka potensi harga saham tersebut akan terus naik dan menguntungkan para investor. Seperti kelompok saham perusahaan makanan, perusahaan energi, perusahaan konstruksi, memiliki beberapa perusahaan (emiten) yang ramai diperjualbelikan dan harganya stabil. Saham semacam ini banyak dicari investor dan sering mmeberikan keuntungan dalam transaksi.

Saham sebagai tabungan milenial

Saat ini, tercatat adal 2,81 juta akun pemilik rekening investasi di Indonesia. Sayangnya, hanya 30% dari investor yang terdaftar tersebut aktif dalam kegiatan jual beli saham. Hal ini mendorong Bursa Efek Indonesia mengampanyekan satu bentuk gerakan baru: Yuk Nabung Saham. Upaya ini dilakukan untuk mendorong dan meramaikan transaksi saham di pasar modal.

Dengan kaum milenial sebagai sasaran yang potensial, diharapkan gerakan nabung saham nantinya dapat menggerakkan pasar modal Indonesia agar semakin aktif dan terus mengalami kenaikan indeks harga saham. Nabung saham berarti membeli saham, untuk dijual kembali saat harga saham mengalami peningkatan.

Sampai disini, pengertian saham sangat mudah dipahami, kan? Baik, saatnya kamu mencoba untuk memiliki saham sebagai tabungan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *