Pengertian Sekuritas dalam Dunia Ekonomi - Blog Tangan Gatel
Untuk membantu memahamkan pengertian sekuritas, Anda dapat membaca bahasan dibawah ini seputar pengertian sekuritas dalam istilah ilmu ekonomi.

Pengertian Sekuritas dalam Dunia Ekonomi

Mendengar kata sekuritas untuk orang awam yang belum terbiasa dengan istilah ekonomi, tentu akan bingung mengartikan dari pengertian sekuritas. Sebagai tambahan wawasan, penting untuk mengetahui dari istilah ini agar lebih mengerti dan siapa tahu Anda akan tertarik memilikinya. Dunia di era digital menjadikan segala informasi dapat masuk tak terbendung. Tentu menyikapi hal ini kita perlu melakukan pengamatan terlebih dahulu, terlebih jika ingin melangkah yang mana berhubungan dengan investasi saham.

Untuk membantu memahamkan pengertian sekuritas, Anda dapat membaca bahasan dibawah ini seputar pengertian sekuritas dalam istilah ilmu ekonomi. Setelah lebih memahami pengertian tersebut, dapat melangkah mengambil keputusan di saat ada tawaran seputar sekuritas. Berikut penjelasan seputar sekuritas yang dapat Anda cermati lebih dalam.

Sekuritas berasal dari kata security yang memiliki arti keamanan. Sekuritas secara umum berarti secarik kertas, yang membuktikan sebuah hak kepemilikan kertas tersebut untuk memperoleh bagian dari sebagian kekayaan perusahaan yang telah menerbitkan sekuritas tersebut dan berbagai kondisi untuk melaksanakan hak tersebut.

Contoh sekuritas yang popular terjadi di masyarakat yakni saham (common stock) dan obligasi.

Baca Juga:

Pengertian Saham Syariah

Pengertian Saham Konvensional

Perbedaan Saham Syariah dengan Saham Konvensional

Jangka Waktu Investasi Saham

Dalam hal ini sekuritas dapat diperjual belikan dengan cepat, karena pemilik sekuritas bersifat likuid. Selain itu ada banyak investor ataupun perusahaan yang bersedia untuk membeli dan memiliki sekuritas tersebut. Selain sebagai pengganti kas, maka sekuritas juga merupakan suatu investasi yang sangat menjanjikan dan dapat memberikan keuntungan yang lumayan cukup besar bagi para pemiliknya. Dalam hal ini ada 3 sekuritas yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan, yakni.

1. Sekuritas penghasilan tetap

Sekuritas jenis ini berupa obligasi, yakni surat utang jangka menengah-panjang yang diterbitkan oleh perusahaan atau pemerintah dengan nilai nominal yang dibayarkan pada saat tanggal jatuh tempo. Jenis sekuritas ini dipengaruhi oleh tingkat suku bunga pasar. Keuntungan sekuritas ini, bunga yang dibayarkan pada periode tertentu, mulai dari 1 tahun hingga lebih di atas 5 tahun.

2. Sekuritas penghasilan tidak tetap

Jenis sekuritas penghasilan tidak tetap berupa saham yang merupakan sekuritas jangka panjang. Saham atau sekuritas ekuitas diterbitkan oleh perusahaan sebagai sumber pendanaan atau sebagai tanda penyertaan modal dalam suatu perusahaan. Sekuritas ini membuat pemiliknya memiliki klaim atas pendapatan perusahaan, aset perusahaan, serta berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

3. Sekuritas karakter pilihan

Jenis sekuritas karakter pilihan berupa warrant, yakni hak yang dimiliki untuk membeli saham pada waktu tertentu dengan harga tertentu yang telah ditentukan oleh penerbit warrant. Sekuritas jenis ini biasanya digunakan sebagai tambahan sewaktu obligasi diterbitkan. Seperti saham, warrant juga dapat dijual beli.

Demikian pengertian sekuritas dan penjelasan seputar sekuritas agar dapat menambah wawasan jika Anda menginginkan memiliki salah satu diantaranya. Penting untuk memiliki investasi saham baik jangka panjang maupun jangka pendek. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat terutama bagi orang yang awam dengan investasi saham jenis ini.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *