Perbedaan Nabung Emas dengan Beli Emas - Blog Tangan Gatel
Perbandingan nabung emas dengan beli emas dari segi keamanan nabung emas di bank atau di platform tertentu yang telah tersertifikasi lebih menjanjikan segi keamanan.

Perbedaan Nabung Emas dengan Beli Emas

Apa sih perbedaan nabung emas dengan beli emas? Mana yang lebih menguntungkan?
Haii kaum milenial, kali ini kita ulas sedikit ya tentang perbandingan nabung emas dan beli emas. As you know, milenial nih sebenernya udah banyak yang sadar untuk mulai investasi dan memikirkan masa depan. Ya memang kemajuan jaman menyebabkan informasi begitu luas terbuka sehingga menyadarkan banyak pihak tentang pentingnya investasi.
Investasi memang diperlukan untuk banyak hal di antaranya adalah untuk pendidikan, rumah masa depan, dan untuk hal-hal tak terduga lainnya. Selain itu investasi juga diperlukan untuk mengembangkan usaha yang sedang dijalani. Banyak memang tipe investasi yang ada seperti properti, tanah, emas batangan, dinar, dan lain-lain. Untuk emas sendiri ada pilihan antara ditabung atau dibelikan langsung.

Aspek keamanan

Perbandingan nabung emas dengan beli emas dari segi keamanan nabung emas di bank atau di platform tertentu yang telah tersertifikasi lebih menjanjikan segi keamanan. Sedangkan bila kita membeli emas fisik maka kita akan direpotkan dengan urusan penyimpanannya. Belum lagi bila kita lupa meletakkannya. Wah berabe ya.

Biaya yang dikeluarkan dalam pengelolaan

Bila kita menabung emas di bank atau platform tertentu biasanya ada biaya administrasi yang dikenakan untuk penjagaan dan pengelolaan tabungan kita. Biasanya semakin banyak emas yang kita miliki maka akan makin besar juga biaya admin. Lain halnya bila kita membeli fisik emas, urusan penyimpanan terutama di rumah sendiri kita tidak dikenakan biaya.

Segi kemudahan

Ditinjau dari segi kemudahan, menabung emas di bank memiliki kemudahan yang lebih besar. Ya bila kita membeli fisik emas, kita diharuskan memiliki sejumlah uang setidaknya berdasarkan pecahan emas terkecil yang tersedia. Sementara bila menabung emas, bahkan dengan uang sepuluh ribu rupiah saja kita bisa membelikan emas.

Segi nilai tukar

Dari segi nilai pertukaran, ini tidak ada perbedaan, simpanan atau tabungan yang kita miliki ya tergantung nilai emas di pasaran saat ini. Saat kita beli berapa nilainya dan saat kita ini berapa nilainya, perbedaan itulah yang menjadi investasi kita.

Saat pencairan

Bila menabung emas maka saat kita hendak mencairkannya, maka boleh dipilih dalam bentuk emas atau dalam bentuk cash. Nilainya ya tergantung nilai tukar emas saat dicairkan. Bila kita menabung dalam bentuk fisiknya, maka kita harus menjualnya terlebih dahulu baru kita dapatkan dana tunainya.
Itulah perbandingan nabung emas dengan beli emas. Masing-masing ada kekurangan dan kelebihannya. Yang perlu diperhatikan bila memang menyimpan uang dalam bentuk emas maka jangan terlalu panik mengikuti naik turunnya emas. Gunakan saat diperlukan dan jangan sedikit-sedikit mencairkan emas untuk kebutuhan yang tidak urgent. Hal tersebut akan menghambat investasi kita berkembang. Bersabarlah dan nikmati hasilnya saat diperlukan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *