kartu debit atau kartu kredit

Mau Pilih Kartu Debit atau Kartu Kredit?

Kartu debit atau kartu kredit, mana pilihanmu? Kedua jenis kartu tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Penting bagi Anda untuk mempertimbangkan penggunaan kartu sesuai kebutuhan Anda.

Secara fisik, kartu debit dan kartu kredit biasanya terlihat hampir sama. Umumnya terdiri dari 16 digit nomor kartu, tanggal kadaluarsa, dan kode nomor identifikasi pribadi (PIN). Perbedaan utama pada kedua jenis kartu ini terletak pada pemilik dana.

Dana di kartu debit adalah milik Anda sendiri, sedangkan dana di kartu kredit dipinjamkan oleh bank. Dengan kartu debit, Anda dapat membelanjakan atau menarik dana dari rekening Anda. Sedangkan kartu kredit memungkinkan Anda menggunakan dana pinjaman dari bank.

Baca Juga: Manfaat Kartu Debit untuk Transaksi Sehari-hari

Kartu kredit memberlakukan persyaratan bahwa pemegang kartu membayar kembali uang yang dipinjam, ditambah bunga yang berlaku, serta biaya tambahan yang disepakati, baik secara penuh pada tanggal penagihan atau seiring waktu. Bingung mau pilih kartu debit atau kartu kredit? yuk kenali perbedaannya!

Kartu Debit

Kartu debit adalah kartu yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pembelian atau menarik uang dari rekening Anda sendiri, bukan melalui pinjaman dari bank. Kartu debit menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin hemat. Ya, Anda tidak perlu khawatir dengan hutang seperti yang terjadi di kartu kredit.

Jika Anda berbelanja dengan kartu debit, ini hanya akan menarik uang di rekening Anda sendiri. Dengan menggunakan kartu debit, Anda dapat menghindari godaan kredit dan tetap bisa berhemat. Tentunya ini dapat membantu Anda agar terhindar dari hutang berbunga tinggi.

Selain itu, tidak ada biaya untuk menarik uang tunai menggunakan kartu debit Anda di ATM bank Anda. Berbeda dengan kredit, biasanya kartu kredit mengenakan biaya penarikan tunai ditambah bunga.

Kartu Kredit

Kartu kredit merupakan kartu yang diterbitkan oleh bank. Dengan kartu kredit, Anda dapat meminjam dana untuk berbagai keperluan seperti berbelanja, membayar tagihan, hingga menarik uang.

Kelebihan menggunakan kartu kredit adalah Anda dapat berbelanja tanpa khawatir uang di rekening bank Anda tidak cukup. Tetapi kekurangan menggunakan kartu kredit ada pada utang, dampak skor kredit dan biaya bunga. 

Ketika Anda melakukan pembelian dengan kartu kredit, Anda membelanjakan uang bank, bukan uang Anda sendiri. Uang ini harus Anda bayar kembali dengan bunga. Setidaknya, Anda diharuskan untuk melakukan pembayaran tagihan atas kartu kredit Anda setiap bulan.

Membayar tagihan Anda tepat waktu dan menjaga saldo pada kartu kredit tetap rendah dapat membantu skor kredit Anda bagus. Namun, penyalahgunaan kartu kredit dapat merusak riwayat kredit Anda jika Anda sering terlambat membayar tagihan.

Karena kartu kredit adalah pinjaman jangka pendek, maka Anda harus membayar kembali apa yang Anda belanjakan dengan bunga. Suku bunga kartu kredit pada setiap bank berbeda-beda.
Memilih kartu debit atau kartu kredit bisa saja menjadi pilihan yang sulit. Anda mungkin dapat memiliki keduanya tetapi perhatikan kartu mana yang paling Anda butuhkan. Ingat, yang Anda butuhkan bisa jadi lebih penting dari yang Anda inginkan.

Related Posts