Namun, hati-hati. Pastikan membeli di platform beli logam mulia yang resmi dan terpercaya. Berikut daftar tempat yang bisa dicoba

Rekomendasi Platform Beli Logam Mulia Terpercaya

Hati-hati. Pastikan membeli di platform beli logam mulia yang resmi dan terpercaya. Berikut daftar tempat yang bisa dicoba.
 
Saat ini, di Indonesia sedang booming tentang investasi emas. Turut berbahagia sih, di tengah-tengah pandemi seperti ini, semangat masyarakat untuk berinvestasi justru semakin tinggi. Hal ini bukan tanpa alasan, tetapi karena proses jual belinya yang jauh lebih mudah daripada investasi lain. Selain itu, investasi logam mulia risikonya lebih kecil. Karena sangat jarang, harga emas murni turun secara drastis. 
 
Baca Juga:

Mengenal Jenis-jenis Logam Mulia

Perbedaan Logam Mulia Antam dan UBS

Cara Jual Logam Mulia

Jangka Waktu Investasi Logam Mulia

Membeli logam mulia sebenarnya bisa di mana saja, seperti di toko-toko emas biasa. Bahkan, di zaman yang sudah maju seperti ini, transaksi bisa dilakukan secara online atau yang disebut dengan emas digital.

Memang lebih simple, tetapi mengandung risiko. Selain rentan terhadap hacker seperti yang terjadi beberapa waktu lalu, kerusakan pada sistem atau aplikasi (error) pun ada di luar kendali. Oleh karena itu, belilah emas di platform beli logam mulia berikut ini :

1. Kantor Pusat Antam

Logam emas merek Antam bisa dibeli secara langsung ke kantor pusatnya yang berada di Jalan Simatupang, Jakarta. Jika ada di luar kota, alternatif lainnya yaitu membeli di unit bisnis antam. Sayangnya, pembelian dibatasi hanya sekitar 150an orang per hari. Selain antrian yang panjang, tidak sedikit orang yang memanfaatkan fitur pesanan. Meski harganya sedikit lebih tinggi, tetapi tingkat keamanannya sangat terjamin. Karena PT ANTAM rutin mengikuti Proficiency Test dan Proactive Monitoring Test yang diselenggarakan oleh London Bullion Market Association (LBMA).

2. Pegadaian

Jika berada di kota yang tidak terjangkau oleh unit bisnis antam, maka belilah di Pegadaian. Kantor ini sudah memiliki ribuan cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Di sini, masyarakat bisa membeli logam mulia dengan cara syariah maupun konvensional, dengan sistem cash, tabungan, maupun cicilan. Ada dua jenis logam mulia yang dijual di Pegadaian, yakni antam dan UBS. Keduanya sama-sama bagus untuk investasi, sesuaikan saja dengan selera masing-masing.

3. PT Pos Indonesia

Mungkin belum banyak yang tahu, jika PT Pos Indonesia tidak hanya bergerak di bidang logistik saja. Sejak tanggal 11 September 2017, mereka juga melayani jual beli logam mulia merek antam. Setidaknya, sudah ada 205 kantor Pos yang sudah menyediakan fasilitas tersebut. Pecahannya pun beragam, mulai dari 0,5 gram hingga 50 gram, sehingga masyarakat kelas menengah juga bisa mulai berinvestasi.

4. Bank Syariah

Selain melalui tempat-tempat resmi di atas, masyarakat juga bisa membeli emas di bank. Untuk jaminan keamanan dan halal, pilih bank yang berbasis syariah, seperti BNI, BRI, dan Mandiri. Ketiga bank ini melayani jual beli logam mulia dengan memegang prinsip-prinsip syariah. Selain itu, jenisnya juga sangat beragam, mulai pecahan kecil hingga yang besar.
 
Demikianlah sederet platform beli logam mulia yang direkomendasikan. Hindari membeli di tempat-tempat lain atau orang per orang, karena sangat rawan dengan pemalsuan. Selain itu, pastikan tempat penyimpanannya juga aman. Seperti di brankas atau menyewa safety box di tempat-tempat di atas. Dan ingat, jangan beritahukan perihal tabunganmu kepada sembarang orang. Semoga bermanfaat dan selamat menabung.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *