syarat pengajuan kartu kredit

Membuat kartu kredit tak semudah membuka rekening kartu debit. Jika Anda ingin memiliki kartu kredit, tentunya Anda harus melengkapi syarat pengajuan kartu kredit. Bank atau penerbit kartu kredit lainnya memiliki kriteria yang mereka pertimbangkan untuk setiap pemohon kartu kredit.

Sebelum Anda mengajukan permohonan kartu kredit, ada baiknya Anda mengetahui bagaimana memenuhi syarat untuk mendapatkan kartu kredit. Dengan begitu, Anda dapat memperkirakan apakah pengajuan kartu kredit Anda disetujui atau akan ditolak. Nah, berikut ini adalah syarat pengajuan kartu kredit secara umum:

Baca Juga:

Bahaya Penggunaan dari Kartu Kredit

5 Manfaat Punya Kartu Kredit

1. Berusia 21 Tahun

Batas minimum usia pemegang kartu kredit adalah 21 tahun. Jadi, untuk mengajukan kartu kredit, pastikan Anda sudah berusia 21 tahun. Jika Anda belum berusia diatas dua puluh tahun, kemungkinan pengajuan kartu kredit Anda ditolak.

2. Memiliki Penghasilan Sendiri

Untuk mengajukan kartu kredit, Anda harus memiliki pekerjaan tetap atau memiliki penghasilan sendiri. Bank tidak akan meminjamkan uang jika Anda tidak memiliki cara untuk membayar hutang. Biasanya pemegang kartu kredit harus memiliki penghasilan perbulan minimal Rp 3.000.000.

Jumlah penghasilan Anda yang dilaporkan adalah salah satu dari banyak faktor yang digunakan sebagai pertimbangan bank, apakah Anda akan disetujui atau tidak. Dan jika disetujui, berapa banyak batas kredit yang diberikan kepada Anda.

3. Memiliki Skor Kredit yang Bagus

Syarat pengajuan kartu kredit selanjutnya adalah memiliki skor kredit yang bagus. Skor kredit adalah angka yang mengevaluasi dan tingkat kelayakan kredit berdasarkan riwayat kredit Anda. Jika skor kredit Anda bagus, kemungkinan besar permohonan kartu kredit Anda akan disetujui.

Skor kredit yang buruk (misalnya karena riwayat pembayaran tagihan yang terlambat) dapat mempersulit persetujuan kartu kredit. Angka skor kredit dimulai dari 300 hingga 850. Skor “Baik” dianggap berada dalam kisaran 600 ke atas. Jika Anda memiliki skor kredit yang tinggi, Anda memiliki peluang lebih besar disetujui untuk kartu kredit atau pinjaman lainnya.

4. Formulir dan Dokumen Lengkap

Hal yang tak kalah penting adalah kelengkapan data. Biasanya bank meminta sejumlah dokumen seperti fotokopi KTP, fotokopi NPWP, fotokopi slip gaji, fotokopi mutasi rekening 3 bulan terakhir, dan lainnya. 

Setelah Anda menyerahkan persyaratan ke customer service, kemudian Anda akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan kartu kredit. Ikuti semua instruksi dan tunggu konfirmasi dari bank.

Ada berbagai alasan mengapa bank dapat menolak permohonan pengajuan kartu kredit Anda. Oleh sebab itu, Anda harus dapat membuktikan bahwa Anda adalah kandidat yang baik untuk mendapatkan kartu kredit, berdasarkan kemampuan Anda untuk mengelola kredit dengan bijak dan menjaga pembayaran bulanan Anda.

Kurang lebihnya itulah beberapa syarat pengajuan kartu kredit. Jika Anda ingin memiliki kartu kredit, sebaiknya lengkapi semua persyaratan tersebut. Disamping itu, Anda juga dapat bertanya kepada customer service, apabila ada syarat lain yang harus dipenuhi.

Related Posts