Pengertian Logam Mulia - Blog Tangan Gatel
Apa itu logam mulia? Okay, disini nanti kita akan membahas tentang pengertian logam mulia dan jenis-jenis logam mulia itu sendiri.
Dalam hidup ini masing-masing orang pasti mempunyai tujuan hidup, bahasa jaman now nyaadalah goals. Biasanyauntuk mencapai goals dalam hidupnya orang akan berusaha dan bekerja keras. Dari hasil kerja kerasnya sekarang banyak orang memilih untuk menabung dengan cara investasi. Investasi diminati oleh banyak orang di jaman sekarang ini karena lebih menguntungkan dibanding hanya nabung biasa dengan mengumpulkan uang saja. Salah satu investasi yang sangat diminati oleh banyak kalangan saat ini adalah logam mulia. Apa itu logam mulia? Okay, disini nanti kita akan membahas tentang pengertian logam mulia dan jenis-jenis logam mulia itu sendiri.
Baca Juga:

Pengertian Logam Mulia

Secara ilmu kimia, pengertian logam mulia adalah suatu elemen dari senyawa kimia yang berasal dari alam yang berjenis logam yang tahan terhadap korosi dan oksidasi. Korosi merupakan peristiwa perusakan pada logam karena terjadinya reaksi kimia antara logam dengan zat-zat disekitarnya yang membentuk senyawa yang tidak diinginkan. Sedangkan, oksidasi adalah interaksi antara molekul oksigen dan semua zat yang berbeda.

Secara umum,pengertian logam mulia adalah salah satu jenis logam yang langka dari alam dan berharga tinggi dengan warna yang menarik dan mengkilat yang bersifat lunak. Dan logam ini tahan dari oksidasi dan korosi yang biasanya terjadi pada besi yang berkarat dan logam ini sangat sulit bereaksi dengan asam.

Jenis-jenis logam mulia

Kebanyakan orang tahunya logam mulia itu adalah emas batangan saja. Ternyata logam mulia ini banyak jenisnya. Namun, memang yang lebih terkenal adalah jenis emas. Selain bisa digunakan sebagai perhiasan, untuk bahan kesenian/ kerajinan,untuk dibuat koin/mata uang, logam berwarna kuning inijuga bisa digunakan sebagai investasi yang menguntungkan karena memiliki nilai jual yang sangat tinggi yang cenderung terus naik dan jarang terjadi penurunan.
Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dari investasi logam mulia ini jika sudah kurang lebih 5 tahun penyimpanan.Selain Emas, perak juga merupakan salah satu jenis logam mulia yang sangat populer dan hampir di setiap sudut kota tiap daerah menjualperhiasan berbahan logam ini.
Ketika kita membicarakan tentang logam mulia ini sebenarnya ada beberapa jenis logam mulia. Jenis-jenis logam mulia selain emas dan perak adalahrhodium, platinum, iridium, alladium, osmium, thenium. Namun pada jenis logam mulia selain emas dan perak ini, jarang diketahui oleh banyak orang karena selain harganya yang relatif lebih mahal tetapi keberadaannya juga sangat langka.
Dari banyak kalangan orang yang memilih untuk investasi emas, salah satunya adalah untuk modal usaha di masa tuanya. Logam mulia yang biasa digunakan investasi untuk menghasilkan nilai rupiah yang lebih tinggi adalah emas batangan. Dan sudah banyak perusahaan-perusahaan swasta maupun BUMN yang memproduksi emas murni dengan kadar kemurnian 99,99%. Dari artikel ini semoga dapat membantu anda yang ingin tahu tentang pengertian dari logam mulia ini beserta jenis-jenisnya, dan berminat untuk menjadikan logam mulia ini sebagai salah satu investasi yang menguntungkan di masa depan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *