tips aman belanja dengan kartu debit

Di zaman yang semakin canggih seperti ini, penting bagi Anda untuk mengetahui tips aman belanja dengan kartu debit. Maraknya cyber crime membuat kita semua harus selalu waspada terhadap berbagai kejahatan dunia maya apapun itu, termasuk saat berbelanja secara online.

Saat belanja online, pembayaran dengan kartu debit adalah opsi yang diutamakan. Ya, karena uang tunai tidak dapat Anda gunakan saat berbelanja online kecuali dengan sistem COD. Namun, untuk saat ini masih banyak online shop yang tidak memberikan alternatif bayar di tempat.

Oleh sebab itu, kartu debit adalah satu-satunya cara untuk melakukan pembayaran transaksi Anda. Menggunakan kartu debit untuk berbelanja online berpotensi menyebabkan rekening Anda dicuri. Ingin menjaga kartu dan data Anda seaman mungkin saat berbelanja online? Berikut ini tips aman belanja dengan kartu debit:

Baca Juga:

Berbagai Biaya yang Ada di Kartu Debit

Kelebihan Kartu Debit yang Bisa Anda Manfaatkan

Kekurangan Kartu Debit yang Harus Diketahui

Jangan Menyimpan Informasi Kartu Anda di Situs Web

Pastikan Anda tidak menyimpan informasi penting kartu Anda di situs web. Karena peretas bisa saja mendapatkan informasi Anda dan menggunakannya tanpa izin Anda. Saat komputer Anda bertanya apakah harus “mengingat” sandi situs Anda secara otomatis, Anda dapat menjawab “tidak” dengan menghapus centang pada kotak untuk melakukan ini.

Demikian pula, saat Anda melakukan pembelian di situs web belanja online. Situs itu sendiri kemungkinan akan menanyakan apakah harus mengingat informasi kartu Anda untuk pembelian di masa mendatang. Tentu saja, Anda harus menjawab “tidak” demi melindungi keamanan kartu debit Anda.

Berhati-hati dengan URL Website Toko Online

Spammer tahu apa yang mereka lakukan. Sebuah website toko online dapat terlihat sangat realistis hingga menjanjikan keselamatan dan keamanan belanja online. Saat Anda ingin mengunjungi website untuk melakukan pembelian, ada baiknya Anda melewati tautan dan mengetik alamat websitenya sendiri dengan cermat serta tetap berhati-hati.

Usahakan untuk memeriksa URL website toko online tersebut terlebih dahulu sebelum mengkliknya. Satu huruf yang salah ketika dapat membawa Anda ke jenis website yang sama sekali berbeda.

Jangan Memberikan Informasi Kartu Pada Siapapun

Tips aman belanja dengan kartu debit selanjutnya adalah tidak memberikan informasi kartu Anda pada siapapun. Ketika Anda membeli sesuatu secara online, umumnya Anda akan dimintai informasi yang dibutuhkan. Semuanya mulai dari alamat lengkap, nomor telepon yang bisa dihubungi, dan lain-lain.

Namun, berhati-hatilah jika Anda diminta memberikan informasi kartu Anda. Jika Anda mendapatkan email yang mengklaim bahwa ada masalah dengan pesanan Anda dan meminta Anda untuk mengirimkan nomor kartu Anda melalui email, pastikan Anda tidak memberikan informasi nomor kartu Anda ke dalam email.

Pilih Website Toko Online yang Aman

Pilihlah website toko online yang aman, salah satu tandanya diawali dengan HTTPS. HTTPS menambahkan keamanan dan kepercayaan. Ini melindungi pengguna dari serangan man-in-the-middle (MitM) yang dapat diluncurkan dari jaringan yang tidak aman. Peretas dapat menggunakan teknik tersebut untuk mencuri informasi sensitif Anda.

Bergantung pada browser Anda dan tingkat kenyamanan teknis, Anda juga dapat menggunakan perangkat lunak gratis seperti “No Script” (dirancang untuk memblokir skrip berbahaya), dan “HTTPS Everywhere” (yang memfasilitasi enkripsi antara komputer Anda dan website tempat Anda berbelanja).

Setelah mengetahui tips aman belanja dengan kartu debit, tentu Anda harus semakin berhati-hati. Tak peduli siapa Anda, kelengahan dapat menyebabkan Anda menjadi korban kejahatan cyber crime. Penting untuk selalu menjaga keamanan transaksi keuangan Anda, baik dengan kartu debit maupun kartu kredit.

Related Posts