tangangatel.com - tips belanja aman dengan kartu kredit

Jangan terlena dengan kemudahan kartu kredit. Paling tidak Anda harus tahu tips aman belanja dengan kartu kredit. Nah, biar lebih jelas, bisa simak di artikel berikut ini.

Siapa nih yang hobi belanja online? di era digital, kita harus berhati-hati ya saat belanja online. Hal ini karena kejahatan di dunia maya masih marak terjadi, sehingga Anda harus waspada terutama jika Anda menggunakan kartu kredit. 

Banyak kejadian yang menimpa pihak tertentu dengan permasalahan kartu kredit yang digunakan datanya berhasil dibobol oleh hacker. Oleh karena itu sudah menjadi hal yang wajib jika dalam penggunaan kartu kredit, yang harus diperhatikan juga ialah tingkat keamanan data.

Melindungi informasi kartu kredit Anda saat Anda berbelanja online atau offline adalah kunci untuk menghindari penipuan kartu kredit. Karena itu, mengetahui tips aman belanja dengan kartu kredit bisa membantu melindungi informasi yang ada pada kartu kredit Anda.

Untuk menghindari penipuan kartu kredit, mengetahui tips aman belanja dengan kartu kredit berikut ini mungkin bisa membantu Anda untuk lebih waspada dan berhati-hati:

Baca Artikel Lainnya

1. Jangan Melakukan Pembelian Kartu Kredit Secara Online Dari Tempat Umum

Salah satu tips aman belanja dengan kartu kredit adalah tidak menggunakan kartu kredit di tempat umum. Hal ini karena informasi kartu kredit Anda kemungkinan besar dapat dicuri ketika Anda memasukkan detail pembayaran Anda di komputer umum.

Komputer ini mungkin memiliki perangkat lunak spyware yang diinstal untuk menangkap semua penekanan tombol Anda, termasuk informasi login dan nomor kartu kredit Anda. Untuk mengantisipasi, sebaiknya Anda menggunakan kartu kredit Anda hanya dengan perangkat pribadi dan koneksi internet Anda. Hal ini tentu bisa mengurangi kemungkinan pencurian data pribadi Anda sebagai pemegang kartu kredit.

2. Belanja Online Hanya di Situs yang Aman dan Terpercaya

Sebelum memasukkan informasi pribadi atau keuangan apapun, pastikan Anda memverifikasi bahwa situs yang Anda buka sah dan aman. Situs yang aman pasti ditandai dengan URL “https”. Jika tidak ada akhiran “s” di akhir alamat situs tersebut, maka bisa dipastikan situs tersebut tidak tidak dienkripsi dan data Anda tidak akan aman.

Ingatlah, semua situs belanja yang aman pasti memiliki “s” untuk melindungi data Anda. Jadi, pastikan pada halaman tempat Anda memasukkan informasi kartu kredit, URL di bilah alamat browser Anda harus dimulai dengan “https : //”. Jika Anda masuk ke situs yang tidak aman, informasi kartu kredit Anda berisiko.

3. Jangan Pernah Melakukan Klik Pada Link yang Mencurigakan

Ketika Anda berbelanja dengan kartu kredit Anda secara online, sebaiknya Anda hanya mengunjungi situs yang Anda percayai. Jangan mengklik tautan email, terutama di email yang tidak diminta. Hal ini karena tautan tersebut dapat membawa Anda ke situs palsu yang dibuat dengan tujuan untuk mencuri informasi kartu kredit konsumen.

Anda dapat yakin bahwa Anda berada di situs web yang benar dengan mengetikkan URL di browser internet Anda. Selain itu, Anda juga harus waspada terhadap tautan penawaran yang tidak wajar. Jika Anda tergoda oleh suatu tawaran, lakukan riset atau cari tahu apakah itu benar-benar aman dan terpercaya.

4. Pilih Sandi yang Kuat

Sandi yang kuat dan unik sangat penting untuk menjaga kerahasiaan informasi pribadi Anda. Kata sandi yang kuat ibarat kunci aman yang mencegah peretas mencoba meretas kartu kredit Anda.

Cara membuat kata sandi yang kuat yakni dengan menggunakan kumpulan kompleks angka, huruf, dan simbol huruf kecil dan besar. Selain itu, Anda juga dapat memepertimbangkan kata sandi yang panjang, yang sekiranya Anda ingat dan tidak mungkin ditebak orang lain. Jangan pernah menggunakan kata sandi yang mengandung unsur nama atau tanggal lahir Anda.

Setelah Anda mengetahui tips belanja dengan kartu kredit, Anda mungkin dapat lebih berhati-hati selama menggunakan kartu kredit. 

Demikian informasi yang bisa diberikan melalui blog Tangangatel. Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa, bagikan informasi di dalam artikel ini kepada teman atau keluarga Anda ya. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Sumber:

investmoneysaving.com

Related Posts