tips investasi online

Tips Investasi Online yang Aman dan Terpercaya

Investasi online adalah investasi yang dilakukan secara online untuk menghasilkan uang. Jika Anda memiliki uang lebih, tidak ada salahnya menggunakannya untuk investasi. Ada berbagai jenis investasi online yang bisa Anda pilih mulai dari investasi saham hingga investasi reksadana.

Tentunya setiap orang mempunyai tujuan investasi yang berbeda-beda. Begitu juga dengan jangka waktu investasi yang diinginkan, penerimaan terhadap risiko, hingga tingkat return yang diharapkan pun juga berbeda. Pilihlah jenis investasi yang paling sesuai dengan tujuan dan harapan Anda.

Setelah Anda menentukan jenis investasi yang ingin Anda lakukan, penting untuk memilih broker online, platform perdagangan, atau website investasi terpercaya dan terdaftar OJK. Ya, karena keamanan adalah hal utama dalam yang harus Anda prioritaskan terutama jika menyangkut keuangan.

Berikut ini adalah beberapa tips memilih investasi online yang aman dan terpercaya:

Baca Juga:

Belajar Mengenal Investasi Syariah

1. Pastikan Perusahaan Investasi Sudah Terdaftar OJK

Pastikan Anda hanya memilih perusahaan investasi yang sudah terdaftar di OJK. Ini sangat penting terutama untuk keamanan investasi Anda. Ketahuilah bahwa perusahaan atau pihak yang melakukan penawaran investasi ilegal hampir sebagian besar tidak terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Perusahaan investasi yang sudah OJK tentu sudah dijamin aman. Semua kegiatan operasionalnya, bagaimana laporan keuangan yang sudah dibuat, dan berbagai hal lainnya diawasi secara penuh oleh OJK. Jadi, perusahaan investasi tersebut tidak akan melenceng dari peraturan apalagi melakukan kecurangan.

2. Kenali Ciri-Ciri Investasi Bodong

Biasanya investasi bodong menawarkan keuntungan yang tidak wajar dan pengelolaan dana investasi yang tidak transparan. Jangan mudah tergiur dengan iming-iming untung besar bahkan sering kali tidak masuk akal. Selain itu, Anda harus selalu waspada terhadap investasi yang tidak jelas.

Jika Anda berinvestasi secara online, sebaiknya Anda mengeceknya website terlebih dahulu. Penipuan investasi biasanya berasal dari perusahaan yang tidak jelas asal usulnya. Coba periksa nama perusahaannya dan selidiki alamat kantor penyedia investasi untuk memastikan bahwa investasi online milik perusahaan tersebut aman dan terpercaya.

3. Cari Informasi Perusahaan Investasi

Sebelum memutuskan berinvestasi, sebaiknya Anda mencari informasi sebanyak-banyaknya seputar perusahaan penyedia investasi online yang sedang Anda selidiki. Pastikan bahwa perusahaan tersebut tidak memiliki catatan buruk atau terindikasi melakukan penipuan.

Anda bisa mencari informasi melalui social media, googling, atau menggunakan media lainnya. Jika perlu, Anda bisa datang langsung ke kantor perusahaan untuk menggali informasi lebih banyak seputar investasi yang ditawarkan.

4. Bertanya Langsung ke Kontak Regulator

Bagaimana jika masih bingung atau ragu terhadap suatu tawaran investasi? Opsi lainnya yang bisa Anda lakukan adalah bertanya langsung ke kontak regulator. Anda dapat menghubungi kontak regulator terkait untuk menanyakan kejelasan investasi tersebut.

Banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan saat melakukan investasi online. Mengetahui tips investasi yang aman tentu sangat penting karena segala sesuatu yang berhubungan dengan keuangan tidak boleh sembarangan.

Related Posts